Follow kami di google berita

Bangun Berau dengan Arsitektur Berkualitas, IAI Kaltim Gelar Sosialisasi Perdana di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Sosialisasi Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) dan Bincang Serambi Nusantara di Kabupaten Berau, Sabtu (27/1/24) di Toko Bangunan Home Duta di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Kegiatan ini digelar untuk mempersiapkan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang membutuhkan banyak tenaga arsitek.

Pada kesempatan ini, Pengurus IAI Kaltim, Bidang Keprofesian, Fachreza Zulhamdani mengatakan bahwa berdasarkan UU No 6 Tahun 2017 tentang arsitek, syarat utama untuk menjadi seorang arsitektur adalah memiliki STRA. Namun, di Kaltim saat ini hanya 82 orang yang memiliki STRA.

“Di Berau sendiri hanya ada 3 orang saja yang sudah memiliki STRA ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, IAI Kaltim melakukan sosialisasi ini untuk mengajak para arsitek di Berau untuk bergabung di IAI dan mendapatkan STRA.

“STRA ini hanya bisa diterbitkan oleh IAI. Jadi kita menginginkan teman-teman arsitek bisa bergabung,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas bangunan di Berau. Dengan adanya arsitek yang telah disertifikasi, diharapkan Berau yang saat ini gencar melakukan pembangunan dapat lebih tertata.

“Dengan adanya arsitek yang bersertifikat, maka bangunan di Berau bisa lebih berkualitas dan sesuai dengan standar yang berlaku,” kata Fachreza.

Dalam kegiatan tersebut, para arsitek mendapatkan penjelasan mengenai pentingnya STRA dan cara mendapatkannya. Selain itu, mereka juga mendapat kesempatan untuk berdiskusi mengenai berbagai hal terkait profesi arsitek.

Toko Bangunan Home Duta di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.
Toko Bangunan Home Duta di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

Pada kesempatan itu, Perwakilan IAI Kaltim di Berau yang juga Arsitrektur Berau serta sudah memiliki STRA, Fandri menuturkan, penyelenggaraan ini bertujuan untuk menyasar teman-teman arsitek yang ada di Berau. Ia mengakui bahwa banyak sekali lulusan arsitek di Kaltim yang belum memiliki legalitas ini.

“Rekan arsitek kita juga masih banyak yang bingung cara mengurus dokumen-dokumen syarat mendapatkan STRA, jadi karena itu di sosialisasi akan kita sampaikan cara dan syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh STRA,” jelasnya.

Selain itu, Anggota IAI Kaltim di Berau, Arsitektur Berau, Giovana Alexandra menyebutkan bahwa acara ini pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Berau. Pihaknya berharap dengan kegiatan ini dapat memulai gerakan IAI di Berau.

“Sehingga rekan sesama arsitek bisa solid dan kompak bersama-sama untuk membangun Berau menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Diakuinya, langkah awal ini dimulai dengan memberikan informasi kepada rekan-rekan arsitek yang masih bingung proses mendapatkan STRA. Ia menjelaskan, sebelum adanya UU Cipta kerja cukup banyak menimbulkan kebingungan di profesi arsitek. Yang mana banyak arsitek yang tergabung bukan di asosiasi arsitek. Sehingga ia menyebut, saat ini sudah dibuat aturan dimana sertifikasi profesi arsitek STRA hanya bisa diterbitkan oleh IAI.

“Syarat pertama harus jadi anggota IAI terlebih dahulu. Barulah kemudian bisa dilanjutkan dengan mengurus STRA yang rangkaiannya cukup panjang lagi. Setelah STRA barulah dilanjutkan ujian untuk memperoleh lisensinya,” jelasnya.

Giovana berharap, kegiatan ini bisa menjadi sarana teman-teman arsitek untuk lebih mudah bersama-sama membangun Kabupaten Berau untuk terus maju dan berkembang. IAI juga diharapkan bisa berkontribusi untuk Pemkab Berau, agar pembangunan Berau bisa lebih baik lagi. Khususnya bisa membantu masyarakat yang masih awam dengan profesi arsitek ini.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa sering-sering kita laksanakan dengan harapan dapat membantu masyarakat mendapatkan jasa dari profesi arsitek profesional dan bisa dipercaya,” tandasnya.

Sementara itu, Toko Bangunan Home Duta yang turut memfasilitasi kegiatan ini menyatakan dukungannya terhadap kegiatan sosialisasi STRA. Chief Executive Oficer (CEO) Home Duta, Eurelia Michelle menuturkan bahwa pihaknya akan menyediakan fasilitas penunjang berupa ruang arsitek di Homeduta yang dapat difungsikan para arsitek untuk berkegiatan seperti melakukan pertemuan dengan klien atau lainnya.

“Semua kita sediakan gratis. Kami juga memiliki planning kedepannya untuk melakukan kegiatan sosial di Kabupaten Berau,” ucapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas arsitek di Kabupaten Berau. Dengan adanya arsitek yang bersertifikat, maka pembangunan di Kabupaten Berau dapat berjalan dengan lebih baik dan sesuai dengan standar yang berlaku tentunya.

“Kami juga siap untuk menyediakan bahan bangunan yang berstandar nasional, selaku toko bangunan yang tidak hanya menyediakan material yang diminta oleh costumer tapi juga menyediakan apa yang mereka perlukan,” lanjutnya.

“Kualitasnya juga sama dengan yang ada di kota-kota. Jadi masyarakat tidak lagi diberatkan dengan ongkos kirim,” pungkasnya.  (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel