Follow kami di google berita

Bakal Punya Dokter Spesialis Neurologi dan Jantung

A-News.id, Tanjung Redeb – RSUD dr Abdul Rivai kembali membuat gebrakan baru. Yakni, dengan mengupayakan tersedianya dokter spesialis jantung dan spesialis neurologi (saraf) di Bumi Batiwakkal.

Menurut Direktur RSUD dr Abdul Rivai, dr Jusram, cukup banyak pasien yang membutuhkan pertolongan dokter jantung dan saraf. Sehingga, persoalan itu harus disikapi sesegera mungkin.

“Selama ini kalau ada pasien yang membutuhkan pertolongan dokter jantung dan neurologi pasti harus di rujuk,” ujarnya.

Sementara itu, Humas RSUD dr Abdul Rivai, dr Erva Anggriana mengatakan, awalnya dulu dikarenakan RSUD belum punya tenaga spesialis jantung, mengambil pilihan untuk melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahrani (AWS) tahun 2015.

Sedikitnya ada satu kalimat kunjungan dokter spesialis jantung setiap bulannya.

“Jadi ada kunjungan perbulan, maksimal kala itu 2 kali per bulan,” jelasnya.

“Kami juga pernah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Prodi Kardiologi Universitas Diponegoro tahun 2016-2017. Dalam perjalanannya tenaga dokter umum yang ada di Berau ada beberapa yg berangkat sekolah.
Kita masih menunggu mereka selesai mengambil pendidikan spesialis,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya juga pernah bekerjasama juga dengan dokter spesialis Neurologi di RS Tarakan. Sistemnya sama, yakni kunjungan bulanan.

“Kemudian kami sempat menerima dokter spesialis paru di Berau, namun beliau pindah ke Balikpapan tahun 2019. Saat ini kami masih menunggu putra daerah yang sedang melanjutkan pendidikan di Universitas Padjajaran Bandung yang jika tidak ada halangan akan selesai tahun depan,” terangnya.

“Jadi sebelum tenaga dokter spesialisnya datang, kita harus melakukan beberapa persiapan seperti gedung, sarana dan prasarana. Sehingga ketika mereka datang, bisa lebih optimal melayani masyarakat,” tandasnya. (POH)

Bagikan

Subscribe to Our Channel