Follow kami di google berita

Asqa Raih Peringkat 4 Turnamen Catur di Balikpapan

A-News.id, Balikpapan — Perjuangan tak sia-sia atlit pecatur dibawah bimbingan Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Berau akhirnya meraih peringat 4 pada Chess Inkorincorp 2nd Tournament Kalimantan Timur.

Ketua Percasi Berau, Fitrial Noor memberikan apresiasi terharap Al Asqalani telah menoreh prestasi pada turnamen catur kategori SD/SMP terbuka se-Kaltim. Menurutnya para peserta yang dihadapi Asqa merupakan pecatur yang memilikk jam tanding cukup tinggi bahkan pada kancah internasional.

“Apalagi atlit-atlit catur yang bertanding diantaranya merupakan siswa dari SKOI (Sekolah Khusus Olahraga Internasional) Kaltim. Tentu ini sebuah prestasi, karena peserta lainnya memiliki jam tanding yang cukup tinggi,” ujar Pipit sapaan akrabnya.

Terlebih ujar Pipit, kali ini turnamen tersebut menggabungkan peserta SD dan SMP dalam 1 kategori. Tentunya hasil akhir merupakan kebanggan bagi Percasi Berau.

Selain itu, Pipit menjelaskan, pada peringkat 3 hingga 5 mengoleksi point yang sama yaitu 5, namun sesuai aturan jika terjadi kesamaan point, maka penentuan peringkat akan mengambil point Sonneborn Berger (SB) yaitu jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang ditahan remis.

“Asqa kalah 1,5 point dari peringkat 3 dan harus puas di peringkat 4,” jelasnya.

Meski demikian hasil yang telah diraih kali ini akan menjadi bahan evaluasi lebih lanjut bagi Percasi Berau. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksanakan turnamen PERCASI BERAU CUP 2203 yang akan memiliki 3 nomor tanding.

“Yakni kategori senior, dan kategori U17 dan U12,” jelasnya.

Dirinya menghimbau kepada seluruh pecatur Berau akan mempersiapkan diri untuk mengikuti turnamen yang akan digelar oleh Percasi Berau nantinya.

“Insya Allah akan kita laksanakan pada awal Juli tahun 2023, doakan semua berjalan lancar. Untuk para pecatur kita himbau agar mempersiapkan dirinya untuk mengikuti turnamen ini,” tandasnya. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel