Anggaran Besar, Pengerjaan Kurang Maksimal. Sebaiknya Dibuatkan Gorong-Gorong ke Seberang Jalan

ANEWS, Berau – Pembersihan parit drainase di Jalan Poros HARM Ayoeb, Gunung Tabur, tepatnya di depan akses jalan masuk ke Perumahan Cemara Indah Permai, sedang dilakukan pihak kontraktor untuk memperlancar aliran drainase yang selama ini banyak berisi endapan lumpur di setiap sehabis hujan sehingga menyebabkan air parit meluap sampai ke badan jalan membawa endapan lumpur tebal dan menyebabkan jalan menjadi licin serta menghalangi warga yang akan masuk ke pemukiman tersebut.

Salah seorang pekerja kontraktor yang melakukan pembersihan drainase, Iwan, Rabu, 8/9/2021, mengatakan pembersihan ini sesuai arahan dari Dinas PUPR Provinsi hanya membersihkan lumpur di sepanjang parit dan di badan jalan sama salurannya. Dan lumpurnya dibuang ke folder yang ada di dekat drainase itu.

“Dari PU nya untuk saat ini membersihkan parit ini aja, tanah yang ke badan jalan dan salurannya. Yang disana ditembuskan sampai ke gorong-gorong,” ujar Iwan.

Sementara drainase dibersihkan hanya di satu sisi jalan poros saja dan belum ditembuskan ke seberang jalan, karena belum ada gorong-gorongnya.

Meluapnya endapan tanah dan lumpur ke badan jalan di sekitar jalan poros ini sudah sering terjadi di setiap datangya hujan lebat, namun penanganan sistem drainase termasuk gorong-gorong yang memotong jalan poros di beberapa titik, khususnya di titik dekat akses jalan ke pemukiman warga itu belum juga dibuatkan, sehingga luapan lumpur dan tanah akan terus terjadi di setiap hujan.

Selain masalah belum dibuatnya gorong-gorong yang menyeberang di bawah jalan poros itu, sistem elevasi drainasenya juga belum terkoneksi dengan saluran pembuangan akhir ke sungai, sehingga menyebabkan meluapnya endapan lumpur dan air saat hujan turun.

Melihat kondisi di lapangan, progres pekerjaan pemeliharaan pembersihan drainase yang dilakukan kontraktor itu masih terbilang kecil karena bagian drainase yang belum dikerjakan masih panjang. (dit)

Bagikan