Follow kami di google berita

BONTANG LUNCURKAN PERDA PERTAMA DI KALTIM TERKAIT PENYELENGGARAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

ANEWS, Bontang – Pertama di Kalimantan Timur dikeluarkanya Peraturan Daerah (Perda) terkait Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik oleh Pemerintah Kota Bontang.

Peresmian Perda ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Bontang Dasuki, Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Timur HM Faisal beserta Anggota Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim M Khaidir, acara tersebut berjalan dengan lancar, tertib, serta telah melaksanakan  prokes. Acara tersebut berlangsung di Auditorium tiga dimensi Pemerintah Kota Bontang pada Kamis (22/03/2021).

Sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentunya sangat berdampak positif dan memudahkan dalam pelayanan publik karena masyarakat dapat mengakses layanan badan atau instansi Pemerintah Kota Bontang pada aplikasi yang telah disediakan.

Diskominfo melalui Kasi Pelayanan Informasi Publik & Media Anna Hadya, menuturkan Diskominfo Kota Bontang selaku PPID (Pejabat Pengolah Informasi Dokumentasi) utama memberikan pengarahan dan melakukan evaluasi kepada PPID Pembantu di OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Dalam OPD Kota Bontang petugas PPID pembantu wajib menginput 4 informasi yaitu informasi berkala, informasi yang wajib disiapkan setiap saat, informasi yang dikecualikan, dan informasi serta merta.

Setelah berjalannya sosialisasi ini pihak PPID Utama akan melakukan monitoring dan evaluasi ke semua OPD Kota Bontang, jika masih belum optimal maka akan dilakukan pendampingan yang diperlukan.

Prestasi yang cemerlang diperoleh oleh Diskominfo Kota Bontang Tahun 2020 dengan meraih peringkat Pertama Kategori Kota Informatif di Kaltim dimana pada tahun sebelumnya hanya berada pada peringkat kedua dengan predikat Kota Menuju Informatif.

Harapan untuk kedepannya dengan dilakukannya sosialisasi ini oleh Diskominfo Kota Bontang semakin memudahkan pelayanan pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat kota bontang dalam birokrasi yang selama ini terkesan kurang maksimal. (hw/jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel