Follow kami di google berita

79 Mahasiswa di Wisuda, Poltek Sinar Mas Berau Coal Ciptakan SDM Mumpuni. Pemkab Berau Sampaikan Rasa Bangga dan Terima Kasih

A-News.Id, Tanjung Redeb – Politeknik Sinar Mas Berau Coal melakukan wisuda terhadap 79 wisudawan dari 3 program studi, Selasa (10/1), di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb.

Acara itu mengundang, Sekda Berau Agus Wahyudi mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) XI Kalimantan, Muhammad Akbar , Direktur PT Berau Coal Arief Wiedhartono, Direktur Poltek Sinar Mas Berau Coal, Kris Adi Nugraha. Beserta puluhan tamu undangan yang hadir lainnya.

Dalam Sambutannya, Direktur Poltek Sinar Mas Berau Coal, Kris Adi Nugraha mengatakan, pada wisuda kedua kali ini, pihaknya sudah mampu meluluskan mahasiswa dari semua program studi di Poltek Sinar Mas Berau Coal.

Dipaparkannya, untuk jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 79 orang, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) rerata 3.51.

Adapun lama studi rata-rata 3 tahun, sementara untuk program diploma 4 selama 4 tahun. Dengan rincian untuk program studi Teknologi Rekayasa Logistik meluluskan 21 mahasiswa, program studi Perawatan Mesin 21 mahasiswa, dan studi Survei dan Pemetaan meluluskan 37 mahasiswa dari dua angkatan.

“Kita perlu bangga dan bersyukur, bahwa mahasiswa yang diwisuda sebagian sudah mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Disampaikan, pendidikan vokasi dan kompetensi sudah menjadi ciri khas dari Poltek Sinar Mas Berau Coal.

Di mana selama studi, seluruh mahasiswa diberikan bekal berupa hard skill dan soft skill. Misalnya seperti communication skill, presentation skill, timing management skill, leadership skill, dan beberapa skill lainnya.

“Itu membuat mental mereka siap untuk bekerja di dunia industri,” ungkapnya.

Adapun pembelajaran selama ini kata Kris, sudah melibatkan semua stakeholder, khususnya pegiat industri di Kabupaten Berau, para praktisi industri, dan juga asosiasi industri. Dengan begitu akan memberikan warna tersendiri bagi mahasiswa lulusan Poltek Sinar Mas Berau Coal.

“Ini tinggal dari si wisudawan saja. Bagaimana cara mereka untuk bisa menunjukkan kemampuan mereka di dunia usaha,” tuturnya.

Mewakili Poltek Sinar Mas Berau Coal, dia juga mengucapkan selamat kepada wisudawan dan penghargaan yang tinggi kepada kepala program studi, para pembimbing tugas akhir. Begitu kepada seluruh dosen Poltek, atas kerja keras dan dedikasi serta kesabarannya, dalam membimbing para wisudawan selama ini.

Sementara itu, Direktur PT Berau Coal, Arief Wiedhartono bersyukur di tahun 2023 Poltek Sinar Mas Berau Coal, kembali melakukan wisuda yang ke-2. Dirinya berpesan kepada wisudawan, untuk memanfaatkan bekal yang diberikan selama kuliah.

“Baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, pendidikan karakter serta kesempatan praktik kerja sudah mereka jalani tentunya bisa menjadi bekal bagi mereka mendapatkan pekerjaan dan berkarya mengamalkan ilmunya sesuai bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Poltek Sinar Mas Berau Coal kata Arief, merupakan bagian dari komitmen PT Berau Coal dalam mendukung Pemkab Berau memajukan dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi di Kabupaten Berau. Mengingat banyak kesempatan kerja yang ada di Berau, namun masih kekurangan SDM yang terampil seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di berbagi sektor industri.

Berau Coal kemudian memberikan solusi dengan memberikan bekal dari sisi pengetahuan, keterampilan dan magang untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan dibutuhkan di dalam dunia kerja melalui Poltek tersebut.

Di Poltek, memiliki dua program pendidikan, pendidikan formal dan pendidikan non formal. Untuk pendidikan formal Poltek Simas BC menggunakan tata kelola mengikuti peraturan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Sehingga, lulusannya secara kompetensi dan legalitas diakui oleh pemerintah.

“Sementara itu, pendidikan non formal disesuaikan dengan kebutuhan dalam dunia kerja. Tidak hanya sektor pertambangan kami juga memberikan pelatihan dalam mendukung UMKM, pertanian dan lain sebagainya, terangnya

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) XI Kalimantan, Muhammad Akbar menyebut Program vokasi ini menurutnya sangat menjadi idola saat ini, pemerintah melalui Kemenristek telah membuat banyak program, karena sudah berkomitmen mendukung kampus yang menjalankan program vokasi ini.

“Maka diharapkan ke depan, perguruan tinggi dapat mengawinkan program dengan industri. Dan ini sudah terjadi di Poltek Sinar Mas PR Berau Coal,” katanya.

Ia mengatakan, Berau Coal sudah melangkah lebih dulu saat ini. Bukan hanya mengawinkan tetapi melahirkan generasi terbaik di Bumi Batiwakkal –sebutan Kabupaten Berau. Banyak lulusan yang berprestasi, bahkan dari 79 wisudawan tersebut, banyak di antaranya telah bekerja sesuai bidang lingkup industrinya.

Lanjut Akbar, kehadiran Politeknik Sinar Mas, tentu membawa perubahan dengan jurusan-jurusan yang diterapkan di kampus tersebut. Sehingga bisa terus didukung, baik dengan Pemkab Berau dan Berau Coal.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah diwisuda pada hari ini. Wisudawan yang baik adalah, wisudawan yang tidak pernah melupakan almamater tempat mereka menimba ilmu,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Berau, Agus Wahyudi mengapresiasi Poltek Sinar Mas Berau Coal yang sudah memberi kesempatan kepada 79 orang menempuh pendidikan, yang tidak hanya ilmu pendidikan tapi juga keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja industri.

Atas nama Pemkab Berau, dirinya berterima kasih kepada Sinar Mas dan Berau Coal karena selama
Ini telah membantu pemerintah daerah dalam membangun SDM sehingga berdaya saing dan keterampilannya dibutuhkan di berbagi industri perusahaan.

“Kami sangat berterima kasih atas kontribusi Sinar Mas Berau Coal dalam membantu Pemkab Berau dalam meningkatkan SDM putra daerah Bumi Batiwakkal, sehingga memiliki kesempatan besar dalam bersaing di dunia kerja,” katanya.

Dirinya berharap, program yang dijalankan Sinar Mas Berau Coal untuk membantu pemerintah dalam membangun Berau, dapat terus terwujud. Apalagi, Berau Coal selama ini kata dia, memiliki peran besar dalam peningkatan pembangunan dan SDM di Kabupaten Berau.

“Semoga kerja sama yang baik seperti ini dapat terus terjalin, terutama dalam meningkatkan SDM di Berau yang tidak kalah saing dengan dengan SDM luar daerah,” terangnya.

Sementara itu, Salah satu wisudawan terbaik dari Prodi Survei dan Pemetaan, Hizkia mengatakan, dirinya sebagai angkatan pertama dalam prodi ini.

Di mana, awalnya setiap mahasiswa melakukan bina mental dan fisik (bintalsik). Hal tersebut menjadi kebanggaan bagi dirinya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang kami terima. Terutama dari kedua orang tua saya, dosen hingga rekan-rekan saya,” bebernya.

Untuk menjadi mahasiswa berprestasi, tentunya harus memiliki kiat-kiat. Salah satunya adalah, tekun belajar.

“Manfaatkan waktu dengan baik, sehingga bisa menjadi role model bagi teman-teman semuanya. Karena, tentunya semua orang punya waktu, punya kesempatan dan semua orang berpeluang menjadi yang terbaik,” katanya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel