Menjadi Kebanggaan Warga Gurimbang, Masjid Jamiatus Salam Berikan Banyak Manfaat

A-News.Id, Sambaliung – Masjid sejatinya adalah tempat ibadah bagi umat yang beragama Islam. Tidak sedikit, orang yang ingin memakmurkan mesjid. Cara yang digunakan pun beragam. Mulai, membuat bangunan masjid lebih baik, hingga menambah fasilitas pendukungnya, agar orang yang beribadah di masjid tersebut merasa nyaman dan betah.

Di Berau, banyak sekali masjid. Tidak hanya diperkotaan. Tapi hingga ke pelosok kampung. Karena, mayoritas penduduknya beraga islam.

Perhatian terhadap rumah ibadah umat Islam itu tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat saja. Perusahaan pun ikut andil.

Salah satunya di Masjid Jamiatus Salam yang ada di Kampung Gurimbang. Masjid itu dibangun secara bertahap sejak tahun 2015 oleh PT Berau Coal, dan diresmikan pada Oktober 2018 oleh Bupati Berau.

Selama 4 tahun berjalan telah memberikan banyak manfaat untuk warga Kampung Gurimbang.
Masjid ini menjadi pusat peribadatan umat muslim di Gurimbang dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, seperti peringatan hari besar Islam, pengajian, dan tempat anak-anak belajar mengaji.

Hal itu dikemukakan oleh Kasim yang bertugas sebagai pengurus masjid.

Sebelum dibangun besar, kata Kasim, dulu bangunan masjid tersebut kecil saja. Kalau lebaran bahkan, jemaah yang ditampung hanya sedikit.

“Ya hanya bisa menampung terbatas. Alhamdulillah sekarang sudah bagus, bisa menampung banyak jamaah,” katanya.

Diakuinya, Ini yang paling besar di Kampung Gurimbang. Bahkan, jadi Pusat ibadah, dan kebanggan warga.

“Dulu itu, masjid ini kecil dan seadanya, kurang lebih hnya 12×12 meter, dib!ngun dari swadaya masyarakat,
Alhamdulillah ada bantuan dari Berau Coal untuk membangun masjid ini menjadi lebih besar, lebih bagus, dan sampai sekarang bisa kami nikmati dan memberi manfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Gurimbang, Edi Gunawan mengatakan, secara utuh bangunan masjid tersebut adalah bantuan dari PT Berau Coal.

“Itu murni dari PT Berau Coal,” bebernya.

Untuk komponen pendukungnya, ada juga bantuan dari kontraktor PT Berau Coal dan Kampung.

“Untuk AC, sejadah, TPA itu juga ada dukungan dari perusahaan sebutnya.

Lanjutnya, masjid itu tidak hanya digunakan untuk ibadah saja. Baik kegiatan pemerintah pun kerap dilakukan di halaman masjid yang memiliki luasan sekira hampir setengah hektare.

“Pemilihan kepala kampung dilakukan di halaman masjid. Saya saja, sudah dua kali dilantik di masjid itu,” tuturnya.

Dirinya pun mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang telah diberikan oleh PT Berau Coal. Dimana, bantuan ini, benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih, masjid ini adalah masjid yang terbaik di Kecamatan Sambaliung. Karena, banyak penceramah yang datang ke sini, selalu memuji keadaan masjid ini,” ucapnya.

Sementara itu, Horas Parsaulian Pardede selaku Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, mengatakan pembangunan masjid tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Berau Coal terhadap masyarakat.

Sebab PT Berau Coal berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang keagamaan.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kampung Gurimbang yang sudah mendukung pembangunan masjid ini. Harapan kami masjid ini bisa terus memberi manfaat buat masyarakat dalam menjalankan ibadah,” singkatnya. (Poh)

Bagikan