Follow kami di google berita

Warisan Budaya Lokal Harus Dikenalkan Sejak Dini

A-News.id, Tanjung Redeb — Pj Gubernur Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Kabupaten Berau. Diawali dengan mengunjungi beberapa infrastruktur yang dibantu dengan anggaran provinsi hingga mengunjungi dua keraton kesultanan.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menerangkan, khususnya pada bidang pendidikan, setiap sekolah harus memiliki gerakan dalam meningkatkan pendidikan dari sisi budaya. Dengan memperkenalkan siswa-siswi sejak dini, hal ini dapat mendorong keinginan siswa untuk menggali potensinya agar lebih meningkat lagi.

Dirinya juga mencontohkan beberapa waktu lalu di salah satu SMK di Kaltim, mengajak seluruh siswa untuk membuat greenhouse yakni menanam melon. Setelah 65 hari melon itu sudah bisa dipanen, tentunya ini menjadi salah satu tambahan belajar mereka pada sisi pertanian.

“Jadi setiap sekolah harusnya bisa mengarahkan berkunjung secara reguler mulai dari tingkat PAUD, TK, SD SMP dan SLTA,” ucapnya.

Mengingat jenjang pendidikan tingkat SLTA merupakan kewenangan provinsi, pihaknya akan membantu membuat edaran ke sekolah-sekolah agar dapat mengujungi musium-musium yang ada di Kaltim ini.

“Hal ini bisa menjadi spirit untuk memajukan daerah, kita harus perkenalkan siswa kita sejak dini terhadap budaya peninggalan leluhur kita agar kedepan bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Nilai-nilai luhur ini juga perlu dijaga, sebagai penghormatan kepada para leluhur kita yang pada masa itu bersusah payah memperjuangkan negara ini, sehingga kita dapat menikmati kehidupan yang damai saat ini.

“Nilai luhur kita jaga dan kita perkuat, pemprov juga akan mengadakan pertemuan seluruh ke sultanan yang ada di Kaltim, Mungkin bulan Februari atau Maret,” tandasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel