Wakil Bupati Berau Terima Perwakilan Yayasan Belantara Nusantara Berau Yang Usulkan Pengelolaan Bendungan Biatan Ilir

ANEWS, Berau – Wakil Bupati Berau H. Gamalis, SE menerima kunjungan perwakilan Yayasan Belantara Nusantara Berau, di ruang kerjanya, Senin 5/7/2021. Dalam kunjungannya pihak perwakilan YBNB mewakili dua kampung, yaitu Kampung Dumaring, Kecamatan Talisayan dan Kampung Biatan. Kecamatan Biatan.

YBNB adalah lembaga yang fokusnya di bidang pengelolaan manfaat jasa lingkungan hutan desa, antara lain dalam pengembangan kawasan wisata berbasis pelestarian lingkungan, seperti yang sudah diwujudkan di Kampung Dumaring, Taman Desa Dumaring, di Kecamatan Talisayan.

Dalam pertemuan tersebut, pihak perwakilan YBNB yang didampingi kepala kampung itu, menginginkan Wakil Bupati Berau, dalam rangka pengembangan pengelolaan hutan desa itu, mendukung usulan pihak YBNB untuk dapat mengelola Bendungan Tumbit di Kampung Biatan Ilir, Kecamatan Biatan.

YBNB bermohon agar kiranya Wakil Bupati bisa membantu memudahkan pihak YBNB mendapatkan hak untuk pengelolaan bendungan Tumbit yang berada di Kampung Biatan Ilir tersebut. Sementara ini program yang telah dilakukan YBNB adalah mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan hasil hutan bukan kayu.

Beberapa inisiatif yang sudah berjalan yaitu pengolahan gula aren, biasanya diproduksi batangan sekarang diolah menjadi gula semut dan budidaya madu serta pengelolaan herbal kemasan.

Pihak YBNB juga sudah melakukan pengelolaan manfaat jasa lingkungan hutan desa dengan membuka Taman Desa Dumaring selama enam bulan terakhir dan yang sedang diusulkan sekarang adalah mengelola bendungan Tumbit di Biatan Ilir agar menjadi seperti Taman Desa Dumaring. (yud).

Bagikan