Jika Efektif Redam Kasus Covid-19, PPKM akan Diperpanjang

ANews, Tanjung Redeb – Melihat lonjakan kasus covid-19 yang naik tajam di Kabupaten Berau, maka Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari kacamata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) waktu penerapannya perlu diperpanjang.

Sebagaimana yang dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Berau Thamrin. Kata dia, kebijakan PPKM tersebut semestinya tetap diterapkan. Hanya saja terkait keefektifannya akan dinilai kembali melalui hasil rapat dan evaluasi nantinya.

“Itu yang akan kita rapatkan dan evaluasi kembali bagaimana aktivitas masyarakat ini apakah kita akan perpanjang PPKM nya, tetapi kalau menurut kami dari BPBD itu perlu diperpanjang PPKM di Kabupaten Berau,” katanya.

Bahkan Thamrin juga mengimbau agar satgas yang berada di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan dapat ikut aktif dalam pemantauan PPKM.

“Diharapkan juga kepada camat, lurah, kakam selaku satgas di tingkat bawah bisa lebih pro aktif dalam penanganan dan pelaksanaan PPKM tersebut,” tegas Thamrin.

Di sisi lain, saat disinggung soal bantuan langsung tunai (BLT) seperti tahun lalu, Kepala BPBD itu membeberkan kalau tahun ini untuk dipastikan tidak ada, keyakinan itu lantaran melihat kebijakan pemberlakukan pembatasan sosial juga cukup berbeda.

“Kalau kemarin kan kita tutup total jadi itu ada semacam bantuan bagi para pelaku usaha mikro, kalau untuk sekarang ini tidak kita tutup hanya dibatasi yang pertama dalam kapasistas tempat itu 25 persen dari luasan tempat yang ada, kemudian tetap jaga jarak dan prokes tetap diperketat,” jelasnya.

“Kemudian dibatasi waktunya sampai jam 21.00 Wita, karena kita berlakukan jam malam, jadi tidak ada penutupan total dan bantuan pun untuk sementara ini juga belum ada,” tambah Thamrin.

Lebih lanjut, ia menuturkan, petugas gabungan akan terus memonitor terkait kepatuhan baik masyarakat dan pedagang saat pelaksanaan PPKM.

“Nanti kita tekankan ke tim gabungan, di sepanjang Jalan Pulau Derawan dan Jalan Ahmad Yani itu kan kemaren operasi kita awal itu ternyata masih banyak yang buka di atas jam 21.00, akhirnya diadakan perubahan dan pengaturan arus lalu lintas ternyata kita evaluasi sudah sepi,” ungkapnya.

“Nah diluar itu nanti kita akan adakan sesuai dengan hasil evaluasi kita dan nanti tetap ada patroli khusus di luar dari Jalan Pulau Derawan dan Jalan Ahmad Yani,” pungkasnya. (mik)

Bagikan