Upaya Lakukan Penurunan Angka Pengangguran, Andi Harun Harapkan Pemerintah Pusat Serap Tenaga Kerja Tiap Tahunnya

(Foto: Walikota Samarinda, Andi Harun saat bersama peserta pelatihan Juru Ukur beberapa waktu lalu/Ist)

Anews.id, Samarinda – Tingginya angka pengangguran masih menjadi atensi khusus Pemerintahan di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dari data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), presentase angka pengangguran di Kaltim mencapai 5,71 persen. Angka tersebut pun mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021, yakni 6,83 persen.

Hal itu pun mendapatkan tanggapan langsung dari Walikota Samarinda, Andi Harun. Ia menuturkan jumlah angka pengangguran disebabkan oleh konsekuensi sebagai ibu kota provinsi yang jumlah penduduknya terbanyak.

Tak hanya iti, AH sapaan karibnya menyebutkan bahwa Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda terus berupaya menurunkan angka pengangguran tiap tahunnya, dengan melaksanakan berbagai strategi dan program untuk memperbanyak lapangan kerja.

“Kita perkuat melalui kegiatan UMKM. Serta pelatihan wirausaha melalui program Pro-Bebaya agar putera-puteri kita tidak hanya memiliki alternatif satu atau dua pekerjaan formal,” ucap AH saat ditemui awak media. Senin (5/12/2022).

Selain itu, salah satu kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Samarinda ialah pelatihan dan sertifikasi juru untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Dan pelatihan itu diadakan di SMK Negeri 2 Samarinda, Pada tanggal 32 Oktober 2022 lalu.

Orang nomor satu di kota Samarinda itu juga telah menginstruksikan kepada camat dan lurah agar segera melakukan pendataan lebih rinci terkait angka kemiskinan di daerah yang berjuluk kota Tepian dengan menyandingkan dengan data BPS.

“Mudah-mudahan dengan kolaborasi pelaku usaha, pemerintah, BUMN, mampu menyerap tenaga kerja setiap tahunnya,” pungkasnya.

 

 

Bagikan