Follow kami di google berita

Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Di TMP Wijaya Kusuma Bujangga

A-News.id, Tanjung Redeb – Upacara peringatan hari pahlawan ke 76 digelar di halaman kantor bupati Kabupaten Berau. Upacara tersebut, dipimpin oleh Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono, Rabu (10/11/2021).

Upacara yang digelar secara terbatas tersebut juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, Sultan Gunung Tabur dan Sambaliung serta jajaran Forkopimda Berau.

Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono sekaligus pemimpin upacara hari pahlawan tersebut menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI, dikatakannya kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.

“Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun indentitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air, ini sebuah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan, kita sadar bahwa kita berbeda-beda tetapi jangan terpecah-pecah oleh perbedaan SARA, karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,” tegas Kapolres Berau dalam penyampaian sambutan Mensos.

“Terdapat juga kecendeungan berkurangnnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya. Kita pasti bisa, karena Tuhan kita Maha Kaya dan Maha Adil,” tambahnya.

Kapolres Berau juga mengatakan, semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku,” jelas AKBP Anggoro.

Setelah melaksanakan upacara, rombongan langsung menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Wijaya Kusuma yang berada di Jalan Prapatan I, Tanjung Redeb, untuk melaksanakan Upacara Ziarah Nasional.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Berau, Totoh Hermanto berharap agar generasi penerus Kabupaten Berau selalu memperingati dan mengingat jasa pahlawan yang telah berjuang mengharumkan daerah Berau.

“Tema hari ini ‘Pahlawanku Inspirasiku’, hal ini ditargetkan untuk generasi sekarang agar selalu menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang dan mengharumkan daerah kita. tentu dalam situasi seperti ini kita tidak perlu berperang dengan sejata, cukup kerja keras serta inovasi kita sudah menghargai perjuangan pahlawan kita,” tutup Totoh saat diwawancarai awak media di TMP Wijaya Kusuma. (mk)

 

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel