Follow kami di google berita

Tingkatkan Kecepatan Wifi Gratis di Kampung

Peresmian secara simbolis kawasan WiFi gratis di Taman Sanggam, Kabupaten Berau, Rabu (1/12/2021).
Peresmian secara simbolis kawasan WiFi gratis di Taman Sanggam, Kabupaten Berau, Rabu (1/12/2021).

A-News.id, Tanjung Redeb —  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau telah menuntaskan program pemasangan 1.000 titik WiFi gratis yang tersebar di 13 kecamatan. Jaringan internet gratis ini tersedia di berbagai fasilitas umum, kantor kecamatan, dan kantor kepala kampung. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, berharap program ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, terutama untuk berkomunikasi dengan pihak pemerintah.

“Prioritaskan penggunaan WiFi gratis untuk berkomunikasi,” tegas Sri Juniarsih, bupati perempuan pertama di Berau.

Bupati menyadari bahwa kecepatan internet saat ini masih terbatas dan diprioritaskan di sekitar kantor pemerintah. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak menggunakan WiFi untuk bermain game atau menonton YouTube.

“Fokus gunakan untuk berkomunikasi,” imbuhnya.

Meskipun masih terbatas, Pemkab Berau berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet. Tahun depan, Pemkab Berau berencana untuk meningkatkan kecepatan WiFi menjadi 20 Mbps, terutama di jalur poin-to-poin yang berada di kampung-kampung.

Selain itu, Pemkab Berau juga akan meminta kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kapasitas Base Transceiver Station (BTS) di Berau. Kapasitas BTS saat ini hanya 4 Mbps dan hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon, tidak untuk internet.

“Kami mengusulkan peningkatan kecepatan menjadi 40 Mbps,” ujar Didi Rahmadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau.

Diharapkan dengan peningkatan kualitas internet ini, masyarakat Berau dapat merasakan manfaatnya untuk berbagai keperluan, seperti belajar online, mengakses informasi, dan berkomunikasi dengan keluarga dan teman. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel