Follow kami di google berita

Tingkatkan Kapasitas, Bupati Dorong Kaum Perempuan Berperan dalam Pembangunan

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengajak kaum perempuan di Kabupaten Berau terlebih khusus bagi organisasi perempuan, untuk terus melakukan penguatan dan peningkatan kapabilitasnya guna menjadikan kaum perempuan semakin andal dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Karena itu, momen Peringatan Hari Ibu ke-95 ini, Sri Juniarsih mendorong perempuan Indonesia berdaya dan setara kedudukannya dalam semua sektor dan lini kehidupan.

“Jika kita melihat sejarah, tentunya perjuangan para perempuan bukanlah hal yang mudah. Perempuan-perempuan dengan gigih berani, bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya, hingga pada akhirnya terwujud kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk kaum perempuan,” jelas bupati, di Balai Mufakat, Sabtu (23/12/2023).

Ia juga menambahkan bahwa dalam berbagai kesempatan, perempuan- perempuan Kabupaten Berau juga turut hadir di garda terdepan. Hal ini tampak dari kemajuan yang dirasakan oleh kaum perempuan di Kabupaten Berau.

Contohnya saja seperti kesetaraan gender yang kini tercipta di berbagai macam sektor, baik pemerintahan, politik, perdagangan, bahkan pertahanan dan keamanan.

“Ini menunjukkan, bahwasanya kehadiran perempuan sangat diperhitungkan dan dinilai mampu mengambil peran,” katanya.

Di samping itu, dirinya juga mengakui bahwa program Pengarusutamaan Gender (PUG) dan pengintegrasian hak perempuan, bahkan sejak di tataran kampung melalui penetapan Kampung Ramah Perempuan dan Anak (KRPA) dan pembentukan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Kabupaten Berau, selalu dalam pemerintah kabupaten.

Selain itu, pemberdayaan perempuan melalui kelompok-kelompok pengrajin serta UMKM, sebagai upaya mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga, juga tak pernah luput dari perhatian.

“Kami pun terus meningkatkan kapasitas kaum perempuan dan kaum ibu sebagai madrasah pertama bagi anak, yang diharapkan dapat melahirkan generasi cerdas dan berkualitas,” ucapnya. (jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel