Follow kami di google berita

Terkait Penanggulan Banjir di Samarinda, Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda Minta Pemprov Juga Turun Tangan

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda, Novan Syahroni Pasie

Anews.id, Samarinda – Banjir yang sering terjadi di kota Samarinda hingga saat ini masih menjadi momok yang meresahkan bagi masyarakat.

Menanggapi permasalahan tersebut, Sekretaris komisi III DPRD kota Samarinda, Novan Syahronny Pasie meminta untuk penanggulan banjir di Samarinda,  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) harus segera turun tangan.

Pasalnya, Novan sapaan karibnya menilai dalam penanggulangan banjir ini tak sedikit anggaran telah yang digelontorkan melalui APBD Samarinda.

“Nilanya untuk penanggulangan banjir ini  bisa mencapai triliunan. Makanya Pemprov dalam hal ini harus ikut turun tangan juga,” ungkap Novan saat dihubungi melalui sambungan seluler. Kamis (25/3/2022).

Kendati telah menggelontorkan anggaran yang amat besar, banjir masih saja menjadi momok bagi masyarakat di ‘Kota Peradaban’. Terlebih, saat hujan dengan curah tinggi, ditambah dengan kurangnya daerah resapan air, akibat pembukaan lahan untuk kawasan perumahan.

“Pemprov Kaltim juga harusnya bersinergi terkait persoalan banjir ini. Termasuk, upaya penanggulangan limpasan air dari wilayah Kutai Kartanegara,” jelas Novan.

Kendati itu, politisi Golkar tersebut menambahkanpihaknya juga sudah memantapkan rencana untuk menghadap ke pemerintah pusat, terkait penanggulangan banjir Samarinda. Khususnya, untuk penanggulangan sedimentasi waduk Benanga.

“BWS (Badan Wilayah Sungai, Red) selaku badan vertikal Kementerian PUPR itu mengatakan kalau tahun 2027 tidak ada normalisasi lagi itu sudah habis. Tidak ada lagi fungsinya Benanga,” ucapnya.

“Ini yang kita minta, perhatiannya dari pemerintah provinsi. Kita bukan tidak bisa melaksanakan, tapi kita ini tidak punya dana untuk melaksanakan normalisasi,” pungkasnya. 

Bagikan

Subscribe to Our Channel