Targetkan 25 Ribu SR Baru Dapat Selesai Tahun 2024 Mendatang

A-News.id, Tanjung Redeb — Dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Berau sekarang, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Batiwakkal optimis menargetkan pemasangan 25 ribu Sambungan Rumah (SR) baru hingga 2024 mendatang.

Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman mengatakan, hal itu sesuai dengan ditargetkan Bupati dan Wakil Bupati Berau. Diakuinya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pemasangan SR akan selesai pada tahun 2026, akan tetapi Bupati menginginkan hal itu dapat selesai pada tahun 2024.

“Jadi bagi saya harus optimis pada tahun 2024 target tersebut bisa diselesaikan pada tahun 2024,” ucapnya.

Selama tahun 2021, Perumda telah memasang sebanyak 3000 lebih SR baru. Menurutnya hal itu bisa lebih, akan tetapi mengingat faktor ekonomi masyarakat pada masa pandemi menurun sehingga pemasangan SR terhambat.

“Itu kendala kita kemarin, karena ekonomi masyarakat belum stabil, nah 2022 ini kita akan optimalkan,” ujarnya.

“Ini aja pertengahan 2022 sudah mencapai 1500 lebih sambungan baru yang telah terpasang,” tambahnya.

Pemasangan sambungan baru untuk saat ini tidak ada daftar tunggu, masyarakat yang telah mendaftar dan telah disurvei akan langsung dipasang.

“Setelah survei dan melakukan pembayaran akan kita langsungkan pemasangan,” jelasnya.

Agar target tersebut dapat optimal dan langsung dirasakan masyarakat, Perumda air minum memberikan keringanan pembayaran dengan cara dicicil.

“Namun atas dasar rekomendasi Ketua RT,” bebernya.

Menurutnya jika untuk pemasangan baru tidak menjadi masalah, namun ada beberapa daerah yang belum dijangkau oleh jaringan pipa khususnya yang berada di luar kawasan perkotaan.

“Karena sering kali terjadi pada calon pelanggan yang sudah mengajukan pemasangan SR tetapi gagal. Penyebabnya, setelah diperiksa oleh petugas, ternyata jaringan pipa belum menjangkau,” katanya.

Sementara itu Bupati Berau Sri Juniarsih menyampaikan, pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Berau memang merupakan salah satu program kerja prioritasnya Pemkab Berau. Saat ini pihaknya tengah mengejar progres yang cepat agar program tersebut bisa berjalan tepat waktu.

“Jadi Pemkab dalam hal ini juga sudah menekankan kepada perusahaan terkait, untuk bisa mengejar target tersebut. Dalam hal ini Perumda Air Minum Batiwakkal,” tandasnya. (nov).

Bagikan