Follow kami di google berita

Tandatangani MoU bersama UNY Yogyakarta, Isran Noor: Ini Langkah Penting Untuk Meningkatkan SDM di Kaltim

(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberikan sambutan usai menandatangani MoU bersama UNY Yogyakarta/Ist)
(Foto: Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memberikan sambutan usai menandatangani MoU bersama UNY Yogyakarta/Ist)

Anews.id, Yogyakarta – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor bersama Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Professoe Sumaryanto menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) antara Universitas Negeri Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Senin (22/5/2023).

Penandatangan MoU tentang Kerjasama Dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, juga dilakukan UNY dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Papua Selatan, Lembaga Penyiaran Publik RRI serta Lembaga Penyelidik Pelatihan Polri.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Gubernur Isran Noor menyambut baik dan mengapresiasi atas kerjasama ini guna meningkatkan sumber daya manusia, khususnya masyarakat Kaltim.

Tak hanya itu, Isran Noor menilai kerjasama antara universitas dan pemerintah daerah merupakan langkah penting memajukan dunia pendidikan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia di Indonesia.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat merupakan pondasi utama dalam membangun masa depan lebih baik bagi negara kita,”  Ungkapnya kepada awak media.

Terlebih di era globalisasi ini, pendidikan memiliki peran yang semakin krusial. Diakuinya, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan berkualitas dan inovasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Hal ini tegasnya, sesuai komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim yang memiliki perhatian besar terhadap pengembangan SDM dan memprioritaskan pendidikan menjadi salah satu sektor strategis dalam pembangunan daerah.

“Kaltim sendiri dalam peningkatan pendidikan telah mengalokasikan 20 persen dari APBD kami,” sebutnya.

Lebih lanjut, Isran Noor menjelaskan Benua Etam mempunyai Program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) bahkan terbesar di Indonesia kurang lebih Rp.1,1 triliiun telah digelontorkan dalam memberikan beasiswa kepada masyarakat Kaltim sejak 2019-2023, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri.
Ia pun memaparkan tahun 2022 mahasiswa mahasiswi asal Kaltim yang ada di Yogyakarta dan menerima Beasiswa Kaltim Tuntas ada sekitar 600 orang tersebar di sejumlah perguruan tinggi.

“Sampai tahun 2022 penerima beasiswa sebanyak 39.944 orang, dan di tahun 2023 baru saja memulai untuk melaksanakan pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas. Seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan perguruan tinggi lainnya,” Bebernya.

“Selamat atas penandatanganan nota kesepahaman ini, semoga kerjasama yang terjalin membawa manfaat berkelanjutan dan berdampak positif bagi semua pihak yang terlibat,” Pungkasnya.  (Adv/Kominfo Kaltim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel