Follow kami di google berita

Tahapan Awal Pemilu, Bawaslu Lakukan Rekrutmen Panwascam dan KPU Lakukan Verfak

A-NEWS.ID, TANJUNG REDEB – Tahun 2024 sudah semakin dekat. Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) saat ini tengah dilakukan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lakukan perekrutan pengawas kecamatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) gelar verifikasi faktual di 13 kecamatan.

Ketua Bawaslu Berau, Nadirah mengatakan, tahapan pertama saat ini sesuai PKPU Nomor 4 tahun 2022, yakni melaksanakan verifikasi faktual keangotaan partai di 13 Kecamatan.

“KPU yang diawasi BAWASLU melakukan Verifikasi faktual di 13 kecamatan, sampling yang di ambil berjumlah 1.740 dari 9 partai,” ujarnya.

Sementara itu, untuk tahapan Bawaslu saat ini tengah melakukan perekrutan pengawas pemilu di tingkat kecamatan. 26 Oktober mendatang akan Bawaslu Kabupaten akan mentapkan 3 orang di 13 Kecamatan untuk menjadi pengawas pemilu.

“Tugas Panwas Kecamatan nanti akan membantu kami melakukan pengawasan terhadap proses verifikasi faktual di masing-masing kecamatan yang berlangsung sejak 21 Oktober hingga 4 November 2022,” terangnya.

Terkait kapan Bupati Berau akan melakukan cuti, pihaknya mengaku belum mengetahui. Pasalnya, tahapan itu baru akan dilakukan di tahun depan.

“Saat ini kami belum bisa menyampaikan. Soalnya, semua itu ada tahapannya,” sebutnya.

Pasalnya, ada kemungkinan perubahan regulasi dari pusat tetang UU Nomor 10 Tahun 2016.

“Saat ini kita belum masuk untuk berbicara Pilkada. Tapi lebih ke Pemilu. Kalau Pilkada itu nanti menunggu tahapan selanjutnya,” tandasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel