Follow kami di google berita

Tablig Akbar di Universitas Muhammadiyah Berau, Harapkan Mahasiswa Jadi Suri Teladan yang Baik

A-News.id, Tanjung Redeb – Sebagian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Berau, berkumpul di Masjid Al-Ijtihad untuk mengikuti Tablig Akbar dengan menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin bin Faisal Al Madihij, Sabtu (15/10/2022).

Dalam dakwah yang disampaikan, Habib Ali Zainal menjelaskan, bahwasanya sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi bagian dari masyarakat khususnya di Kabupaten Berau dapat digambarkan sebagai tiang yang diharapkan bisa membawa perubahan.

Ditekankan kepada mahasiswa dari tangan-tangan merekalah dunia bisa diubah menjadi lebih baik lagi. Sebagaimana dengan tema yang diambil mengenai revolusi akhlak menjadi lebih baik.

Dua poin penting yang mencadi catatan dalam dakwah yaitu, mahasiswa harus konsisten dengan niat baik yang ada pada diri sendiri serta selalu istiqomah dengan amalan-amalan utamanya dalam amalan salat subuh berjamaah yang mempunyai banyak keutaman sebagaimana yang digambarkan dalam kitab suci Al-Quran.

Yang kedua, untuk melakukan perubahan perlu mengedapankan akhlak dengan mencontoh perilaku Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dimana yang pada saat diutus beliau mempunyai akhlak, rahmat dan adab yang baik.

“Jadi tidak boleh mengedepankan apapun kecuali dahulukan adab didalam merubah apapun, merubah akhlak harus dengan akhlak yang lebih baik,” katanya.

Sedangkan pesan yang Habib tekankan adalah jangan pernah melupakan Allah didalam menggapai cita-cita, jangan lupa Allah karena Allah lah yang akan memberikan cita-cita mu menjadi lebih sukses.

“Jadi seketika mereka menggapai cita-cita jangan lupakan sekalipun Allah Subhanu Wa Ta’ala, yang berperan sangat-sangat penting dan berperan tunggal di dalam apa yang mereka cita-citakan,” pesan Habib Ali Zainal Abidin bin Faisal Al Madihij.

Sementara itu, tokoh masyarakat Berau Jakariya selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan, Tablig Akbar yang dipusatkan di masjid kampus UMB itu merupakan bentuk rangkaian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Dari dakwah yang disampaikan oleh Habib nantinya para mahasiswa bisa meningkatkan suri teladan mahasiswa yang ada di sekitar akademika UMB.

Ia juga berpesan sebagai bibit sumber daya manusia yang nantinya ada di tengah-tengah masyarakat para mahasiswa bisa menjadi generasi penerus yang baik yang sesuai dengan harapan masyarakat di Kabupaten Berau.

“Semoga dengan peringatan maulid ini bisa menjadi suri teladan mahasiswa, tidak hanya berilmu tapi juga berakhlak dan lebih dekat kepada illahi,” katanya.

“Apalagi sebagaimana yang kita ketahui UMB adalah salah satu Universitas yang kita banggakan di Kabupaten Berau bisa menjadi cerminan dan mereka (mahasiswa) bisa memberikan apresiasi kepada masyarakat Berau,” tambah Jaka.

Bidang Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Taufik Temarwut yang mewakili pihak kampus, mengapresiasi kegiatan Tablig Akbar tersebut.

Karena menurutnya kegiatan-kegiatan seperti itu dapat menjadi modal untuk meningkatkan nilai religius mahasiswa. Dirinya berharap kegiatan seperti itu seyogyanya mahasiswa bisa turut hadir untuk mengambil pelajaran dan ilmu pengetahuan yang disampaikan.

“Karena sistem perkuliahan tidak seluruhnya ada yang membahas dan menyampaikan mengenai wawasan keagamaan, maka dengan kegiatan seperti ini bisa menambah wawasan keislaman untuk mahasiswa itu sendiri,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel