Sinergi Ciptakan Jurnalis Muda Tiap Kampung, ANews Bersama DPMK dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Spanduk Pelatihan Jurnalistik

ANews, Tanjung Redeb – Sebagai wujud pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberikan ruang pembelajaran, serta penyaluran minat dan bakat warga kampung/kelurahan, ANews menggelar pelatihan jurnalistik pada tanggal 22-23 Agustus 2020.

Direktur Utama PT Abdi Ruang Bakti (ANews), Indra Teguh Nurcahyadi mengatakan, pelatihan jurnalistik yang digelar tersebut, merupakan hasil kerja sama ANews dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Berau.

“Pelatihan yang kami laksanakan ini kerja sama dengan DPMK Berau dan PWI Berau, dengan peserta dari setiap kampung atau kelurahan hanya boleh satu orang warga. Besok (Sabtu, 22 Agustus 2020) pukul 10.00 WITA pembukaan pelatihan jurnalistik yang rencananya akan dibuka langsung Bupati Berau, Muharram,” tuturnya, Jumat (21/08/2020).

Tujuan digelarnya pelatihan jurnalistik tersebut, lanjut Teguh, selain wujud pengembangan SDM dan memberikan ruang pembelajaran, serta penyaluran minat dan bakat warga kampung/kelurahan, yang tak kalah pentingnya, agar di setiap kampung/kelurahan, ada warga yang memiliki kemampuan sebagai jurnalis, yang pada gilirannya akan mempublikasikan berita tentang segala kegiatan dan atau peristiwa yang terjadi di kampung/kelurahan tersebut.

“Bagi setiap peserta yang dinyatakan lulus dalam pelatihan jurnalistik, akan mendapatkan id card yang juga berfungsi sebagai surat tugas. Dengan memegang id card ini, maka mereka (peserta yang lulus-red), dapat menulis berita dan akan kami bantu publikasikan secara gratis, sebagai wujud kontribusi kami membangun kampung dari pinggiran sebagaimana yang digariskan Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Direktur Utama PT Abdi Ruang Bakti (ANews), Indra Teguh Nurcahyadi

Namun demikian, dikatakan Teguh, untuk menjamin independensi setiap peserta yang lulus dalam pelatihan tersebut, pihaknya mempersyaratkan agar peserta yang ikut pelatihan tersebut, bukanlah aparatur kampung/kelurahan.

“Syarat ini mutlak adanya, selain menjamin independensi, juga agar tak terjadi aparatur kampung memiliki profesi yang ganda, yang tentu saja terlarang bagi aparatur kampung, artinya kami ini justru menjaga agar aparatur kampung atau kelurahan tak ada yang terkena masalah dikemudian hari. Itu sebabnya, tema pelatihan jurnalistik ini adalah Sinergi Ciptakan Jurnalis Muda Untuk Mengawal Pembangunan Kampung,” ungkapnya.

Mengapa pelatihan tersebut dilaksanakan di masa pendemi Covid-19, Teguh menjawab, pihaknya sangat menyadari hal tersebut. Oleh karenanya, pelatihan yang digelar besok hari (tanggal 22-23 Agustus 2020-red) itu, merupakan pelatihan jurnalistik tahap pertama, dengan jumlah peserta yang sengaja dibatasi pihaknya hanya untuk 25 orang alias 25 kampung/kelurahan.

“Jadi begini, kita kan mempunyai 100 kampung dan 10 kelurahan. Jika kita gelar serempak 100 kampung dan 10 kelurahan, maka artinya kita tak mendukung upaya pemerintah meminimalisir penyebaran Covid-19, oleh karena itu, kita akan gelar beberapa tahap. Untuk besok itu, baru tahap pertama,” tutupnya seraya menjelaskan tempat pelatihan digelar di Kantor Redaksi ANews yang beralamat di jalan dr. Murjani I RT 02 Nomor 92 Kelurahan Bugis, tepatnya di depan kantor Dinas Pendidikan Berau.(Dini Damayanti/Natassya NF/Anews)

Bagikan