Follow kami di google berita

Setelah Dua Tahun Vakum, Pawai Budaya Teluk Bayur Kembali Meriah

A-News.id, Teluk Bayur – Berbagai pernak-pernik dan kostum baju khas nusantara dan profesi mewarnai pawai budaya Teluk Bayur. Pesta rakyat tersebut terlaksana kembali setelah vakum selama 2 tahun. Pada tahun 2022 kali ini, pawai tersebut adalah yang ke 6 kalinya diadakan, Sabtu (20/8/2022).

Berbagai cara dilakukan peserta untuk meriahkan pawai dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-77 tersebut. Peserta yang ikut sebagian besar merupakan warga Teluk Bayur mulai dari siswa-siswi pada tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), serta masyarakat umum.

Kemeriahan pawai tersebut, mengundang antusiasme warga. Sejak jam 07.30 Wita banyak dari masyarakat sudah memenuhi alun-alun Teluk Bayur untuk melihat secara dekat pesera pawai, sebagiannya lagi ada warga yang menonton dari pinggir jalan tempat mereka tinggal.

Sekadar informasi, rute yang dilalui peserta pawai, mulai dari Alun-Alun Teluk Bayur, di Jalan Kampung Cina lanjut ke Jalan Sei. Kunyang, Jalan Kampung Baru, Kandang Muntik dan Abu-Abu. Dengan jumlah peserta yang terlibat mencapai 5.000 orang.

“Sangat gembira sekali, bukan karena apanya. Tapi setelah dua tahun kita vakum gara-gara corona baru kali ini kita dikasih kesempatan lagi oleh yang maha kuasa untuk merayakan pawai 17-an ini,” ujar seorang warga, Hendra.

Sementara itu, Camat Teluk Bayur Endang Iriani mengatakan, pawai budaya tersebut bisa terlaksana kembali setelah hasil jerih payah oleh pihak panitia yang telah berkontribusi dengan berbagai pihak. Baik swasta hingga pemerintah daerah yang ikut memberikan sumbangsih mensukseskan pawai.

“Alhamdulillah atas kerjasama yang baik oleh berbagai pihak pawai ini bisa kita laksanakan dengan sangat meriah, yang tentu saja banyak membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar,” kata Endang.

“Pasalnya, karena selain sebagai ajang silahturahmi juga perekonomian, karena membantu melariskan jualan warga, serta masyarakat yang berwirausaha di bidang butik dan make up. Dari pawai ini tentu banyak yang mencari jasa tersebut,” tambahnya.

Menambahkan komentar Camat. Wakil Bupati Berau, Gamalis yang membuka secara resmi kegiatan menuturkan, event-event seperti yang diadakan pihak Kecamatan Teluk Bayur sekiranya bisa menjadi agenda yang berkesinambungan setiap tahunnya.

Karena kata Gamalis, sejatinya melalui event seperti itu, Teluk Bayur bisa lebih dikenal masyarakat secara luas. Lantaran salah satu diantara empat kecamatan yang berada di dekat perkotaan ini, Teluk Bayur banyak menyimpan aset peninggalan sejarah. Tentu hal tersebut, harus lebih didorong sehingga lebih diketahui dan menjadi bahan pembelajaran masyarakat khususnya generasi penerus.

“Artinya ini adalah sebuah aset Kabupaten Berau di bidang pariwisata, dengan adanya acara hari ini paling tidak sudah bisa menarik mata dan perhatian orang terhadap Teluk Bayur ini. Semoga ini bisa masuk menjadi kalender pariwisata oleh Disbudpar karena itu, ini yang harus kita perhatankan,” pungkasnya. (mik/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel