Follow kami di google berita

Serapan Anggaran Pemkab Berau Capai 87 Persen

A-News.id, Tanjung Redeb – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Berau, Sapransyah, mengklaim bahwa hingga akhir tahun 2023, serapan anggaran Pemkab Berau mencapai 87 persen.

“Tapi angka itu belum final. Masih tahap rekap masing-masing OPD. Tapi yang sudah terlihat diangka 87 persen,” katanya, Rabu (3/1/2024).

Menurut data pihaknya, hingga akhir tahun, rata-rata serapan anggaran OPD di atas 80 persen. Hal ini menunjukkan tingkat kinerja yang cukup memuaskan, mengingat realisasi anggaran di daerah seringkali mengalami kendala yang sulit dihindari.

Menurutnya, angka itu masih akan mengalami perubahan. Sebab saat ini masing-masing OPD masih melalukan penghitungan serapan anggaran.

“Final penyampaian data itu Maret 2024. Nanti terlihat berapa angka pastinya. Kalau kita lihat realisasi kabupaten 87 persen, OPD juga pasti di atas 80,” jelasnya.

Disinggung apakah ada pemangkasan anggaran bagi OPD yang tidak maksimal serapannya, menurut Sapransyah, hal itu tidak dilakukan. Sebab terkait porsi anggaran OPD tentu disinkronkan dengan perencanaan di Bapelitbang.

“Lagi pula sejauh ini tidak ada OPD yang serapannya rendah, di bawah 50 persen misalnya. Pasti diatas 80 persen,” ujarnya.

“Yang dilakukan Pemkab justru bagaimana agar realisasi anggaran OPD bisa tinggi,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel