Follow kami di google berita

Serap Tenaga Kerja Lokal, PT Berau Coal Laksanakan P4

A-News.id, Tanjung Redeb – Program Pelatihan Pengawas Pertambangan (P4) PT Berau Coal telah ditutup, Jumat (7/7/2023) lalu. Kegiatan itu, digelar di Batalyon Armed 18/Komposit/Buritkang.

Manager Community Development PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman mengatakan, ada 46 siswa Bintalsik yang merupakan program PT Berau Coal untuk P4.

Dikatakannya, ini juga bentuk komitmen PT Berau Coal untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Berau, guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“46 orang ini adalah Putra-Putri terbaik yang berada di lingkar tambang PT Berau Coal,” ujarnya.

Selepas menjalani Bintalsik, 46 orang tersebut akan menjalani program magang selama 1 tahun.

“Nanti mereka akan mendapatkan pelajaran materi terlebih dahulu, dan kemudian ditempatkan di lapangan sebagai pengawas teknis maupun pengawas operasional,” ungkapnya.

Lanjutnya, secara keseluruhan siswa yang terlibat akan ditempatkan di seluruh site PT Berau Coal.

“Saya rasa mereka sudah siap, karena untuk Bintalsik saja, mereka sudah menjalaninya selama 4 Minggu. Dan nanti ditambah dengan pemberian materi,” terangnya.

Sementara itu, Danyon Armed 18/Komposit/Buritkang, Letkol Arm Khoirul Cahyadi mengatakan, bahwa 46 siswa pelatihan merupakan orang-orang beruntung yang telah diberi kesempatan.

Dikatakannya, bahwa kesempatan itu mahal harganya. Lantaran, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

“Mereka harus bersyukur dengan terpilihnya mereka mengikuti program P4 ini. Tentu, tidak semua orang bisa terpilih,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa tujuan bintalsik adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, loyalitas, kerjasama, tanggung jawab dan rasa turut memiliki serta mental yang tangguh dalam melaksanakan tugasnya kelak sebagai seorang pengawas.

“Semua bagian dari PT Berau Coal tentunya melakukan Bintalsik,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa, mental para siswa saat ini sudah terbentuk. Dirinya juga berpandangan bahwa, dengan mental yang baik, tentunya akan menutupi kekurangan dari para siswa.

“Mental ini harus benar-benar dibangun. Karena melalui mental yang kuat, seseorang itu akan bisa menjadi lebih baik,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Agus Saman salah satu orang tua siswa P4, mengungkapkan rasa syukurnya. Dimana, menurutnya, progeram yang dijalankan oleh PT Berau Coal saat ini sangat membantu masyarakat.

“Kami tentunya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan,” katanya.

Dia pun menjelaskan, bahwa dari Program PT Berau Coal ini, mampu mengurangi angka pengangguran di Berau.

“Tentunya, ini juga baik. Karena sama halnya dengan menyerap tenaga kerja lokal,” ucapnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel