Selang Satu Hari, Disdamkar Tangani Potong Cincin Hingga Tangkap Ular Kobra

Anews.id, Samarinda – Dalam waktu sehari ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kota Samarinda menangani dan melakukan evakuasi 3 kejadian di waktu dan tempat yang berbeda.

Sekitar pukul 11.30 WITA, Rabu 26 Mei 2021, petugas Posko 5 Damkar menerima pengaduan dari seorang warga bernama Armah, warga Jalan Untung Suropati RT 025, Kelurahan Sungai Kunjang. Warga tersebut meminta bantuan petugas untuk memotong cincin yang melingkar di jari seorang cucunya.

“Pertama, anggota kami melakukan pemotongan cincin seorang balita,” ucap Wakil Komandan Disdamkar Samarinda Sunardi Siman saat dikonfirmasi. Kamis 27 Mei 2021.

Berselang 2 jam kemudian, petugas posko 10 juga menerima laporan pengaduan warga yang bernama An. Yuri, warga Jalan Jakarta 2 Gang H Sahran RT 081, Kelurahan Loa Bakung, Sungai Kunjang terkait keberadaan sarang tawon yang dianggap meresahkan.

Sarang tawon tersebut tepat di sebuah pohon besar yang berada di samping rumah warga tersebut.

“Untuk penanganan sarang tawon ini, anggota kami harus menggunakan pakaian khusus. Setelah sarang disemprot dengan cairan khusus, selanjutnya dilakukan evakuasi dan dimasukkan ke dalam kantong khusus,” terang Sunardi Siman.

Selanjutnya sekitar pukul 17.30 Wita, warga bernama Feri, yang bermukim di Jalan Bromo RT 22, Kelurahan Rawa Makmur, Palaran melapor ke Posko 6. Pasalnya ada seekor ular Cobra tengah berada di dalam kandang ayam miliknya, yang berada tepat di belakang rumah.

Tak mudah untuk menangkap ular jenis ini, petugas harus berhati-hati karena ular Cobra termasuk ular yang mematikan.

“Setelah berhasil ditangkap, ular Cobra ini kami bawa ke posko, untuk selanjutnya akan dilepaskan kembali ke habitatnya,” tutupnya. (Ris)

Bagikan