Sebagai Tuan Rumah, KONI dan PB Porprov Kaltim VII – Berau Tengah Persiapkan Pelaksanaan Porprov 2022

ANEWS, Berau – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur ke-VII yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Kabupaten Berau tahun 2022 mendatang tentu sangat ditunggu masyarakat Berau, karena perhelatan ini pasti akan membantu perekonomian Kabupaten Berau dan juga sektor pariwisata.

Terkait kesiapan penyelenggaraan Porprov tersebut, ANews mendapatkan penjelasan Sekretaris KONI Berau, Iwan Rifani Wijaya, Rabu, 4/8/2021 yang mengatakan KONI sebagai penghantar Porprov itu dapat dilaksanakan di Berau sebagai tuan rumah, dan mempersiapkan kontigen dan atlet yang akan bertanding, sementara pelaksananya nanti adalah PB Porprov ke VII Kaltim.

“Kalau KONI itu sebenarnya sebagai penghantar untuk Berau sebagai tuan rumah, kalau untuk pelaksanaan porprovnya itu ada Panitia PB Porprov, dan KONI ini sendiri nantinya untuk mempersiapkan kontingen atlet yang nanti akan dipertandingkan di Porprov 2022,” jelasnya.

Dan untuk kepastian berapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan, Iwan memperkirakan kurang lebih 60 cabang olahraga, tapi masih menunggu hasil rapat kordinasi PB Porprov di Samarinda.

“Untuk masalah kesiapan venue yang kita lihat di lapangan sih 70% sampai 80% siap digunakan, memang ada beberapa cabor yang akan kita pertandingkan di luar Berau, tapi kita akan tetap mengusahakan semuanya kalau bisa akan dipertandingkan di Berau,” tambahnya.
Untuk venue yang diharapkan cepat rampung adalah stadion, karena nanti di stadion ini akan dilaksanakan acara pembukaan dan penutupan porprov.


Sementara itu, Ketua Harian PB Porprov Kaltim VII – Berau, Fitrial Noor ST. MT mengatakan bahwa koordinasi antar PB Porprov, Pemkab Berau, Pemerintah Provinsi Kaltim, dan KONI Kaltim sempat terkendala karena adanya PPKM.

“Memang sempat terkendala masalah koordinasi kita kemarin karena PPKM ini, tapi Alhamdulillah sekarang ini tetap berjalan walaupun tidak bisa tatap muka langsung. Dan dari hasil rapat kemarin telah menetapkan bekas gedung Capil yang ada di Jalan Mangga II Tanjung Redeb akan menjadi kantor Sekretariat PB Porprov Kaltim ke-VII, kurang lebih untuk satu tahun kedepan,” jelas Bung Piepit

Di Sekretariat PB Porprov ini nantinya akan digunakan untuk keperluan persiapan pelaksanaan Porprov mendatang, termasuk akan disediakan ruangan Media Centre yang diperuntukkan bagi wartawan yang meliput kegiatan Porprov, yang difasilitasi juga dengan akses internet.

“Ini juga kami rencanakan di minggu – minggu ini, kita akan mengumumkan lomba membuat maskot dan logo Porprov Kaltim ke-VII, dan kita harapkan di akhir bulan Agustus ini telah didapat pemenang lombanya. Dan logo tersebut akan digunakan di sarana promosi maupun sosialisasi terkait pelaksanaan Porprov nantinya,” tambahnya

Bung Piepit juga menambahkan bahwa diperkirakan kontingen atlet yang akan datang ke Berau sebanyak 10 sampai 15 ribu atlet. Itu belum termasuk para penggembira (supporter) dan pendamping altet diluar official.

Terkait penyiapan akomodasi untuk menampung para atlet kontingen, lanjut Piepit, itu akan menjadi bagian dari persiapan yang akan dilakukan Panita PB Porprov.

Dia juga mengatakan dengan kedatangan banyaknya pengunjung dari luar Berau termasuk para atlet kontingen se-Kaltim yang datang Berau, tentunya merupakan peluang bagi sektor pariwisata Berau.

Dan masalah prokes di masa pandemi saat berlangsungnya Proprov, itu juga akan menjadi salah satu fokus utama dari PB Porprov, karena seperti yang diketahui, Kabupaten Berau, salah satu wilayah yang kasus Covid-nya masih terbilang besar.

“Yang pastinya besar harapan kami permasalahan covid ini bisa tertangani dengan baik mengingat perhelatan ini masih lama, dan apabila sudah mendekati bulan perhelatan porprov, masih besar yang terpapar covid, mau tak mau ya kita undur perhelatan ini sampai situasi kondusif,” pungkas Bung Piepit. (gil)

Bagikan