Follow kami di google berita

Satu Kampung Masih Berstatus Tertinggal

  • A-News.id, Tanjung Redeb – Kampung Mapulu di Kecamatan Kelay, menjadi satu-satunya kampung di Kabupaten Berau yang berstatus masih tertinggal. Hal inipun menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, untuk meningkatkan status kampung tersebut.

Kepala DPMK Berau, Tenteram Rahayu, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sudah berupaya memacu perkembangan Kampung Mapulu. Mulai infrastruktur, permukiman dan fasilitas lainnya.

“Pemkab sudah berupaya. Sudah ada jembatan bailey, 8 unit rumah layak huni. Tahun ini dianggarkan lagi untuk 21 unit rumah. Dinas Pendidikan juga akan membangun tiga ruang belajar,” jelas Tenteram Rahayu, Rabu (17/5/2023).

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan OPD lain untuk pemenuhan infrastruktur di kampung tersebut.

“Kami juga sudah komunikasikan dengan Dinas ESDM, akan ada bantuan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Kampung Mapulu, imbuhnya.

Dari data DPMK, berdasarkan indeks desa membangun (IDM) terjadi perubahan status kampung pada 2022. Dari 100 kampung, terdapat 11 kampung Mandiri. Diantaranya Kampung Talisayan, Pegat Bukur, Sei Bebanir Bangun, Gurimbang, Suka Tengah, Pulau Derawan, Tanjung Batu, Labanan Jaya, Labanan Makmur, Baru Putih, dan Tembudan. Selebihnya 41 kampung berstatus maju, dan 47 kampung berkembang. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel