Follow kami di google berita

‘Sapu Rantau’ Juara Lomba Perahu Panjang

A-News.id, Gunung Tabur — Lomba perahu panjang tradisional dalam rangka perayaan ‘Abut Bassar Banua yang digelar di Sungai Segah, Minggu (12/6). Perlombaan perahu panjang tradisional diikuti dari beberapa kelurahan/kampung di wilayah Kabupaten Berau untuk berlaga di derasnya arus sungai.

Ketua Panitia Abut Bassar Banua, Tony Suhadi menyebutkan perayaan ini sudah lama tidak dilaksanakan karena beberapa sebab salah satunya pandemi covid-19. Namun saat dilaksanakan antusias masyarakat sungguh meriah.

Ketua Panitia Abut Bassar Banua ( Tony Suhedi )

“Semua terlaksana dengan baik dan sangat meriah, mudahan tahun depan kita bisa laksanakan lagi lebih meriah,” ujarnya.

Lanjutnya, ajang perlombaan perahu panjang tradisional ini diikuti sebanyak 16 perahu dan juara pertama diraih oleh perahu panjang ‘Sapu Rantau’ dari Kelurahan Gunung Tabur, dengan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta rupiah.

“Juara 1 Perahu Sapu Rantau dengan hadiah Rp 10 juta rupiah, Juara 2 Naga Uleng dengan hadiah Rp 8 juta rupiah, Juara 3 Naga Puspa dengan hadiah Rp 6 juta rupiah, Juara harapan 1 Naga Taruna dengan hadiah Rp 4 juta rupiah. Ditambah dengan uang pembinaan masing-masing perahu Rp 1 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih dalam sambutannya sekaligus menutup perayaan Abut Bassar Banua yang diselenggarakan oleh Dewan Adat Kesultanan Gunung Tabur mengatakan, sangat mengapresiasi atas pelaksanaan Abur Bassar Banua, mengingat hal ini merupakan wujud kecintaan kita kepada budaya Banua.

“Sebagai salah satu suku asli Kabupaten Berau, yang dapat menjadi momentum perkuat silaturahmi antar kelompok masyarkaat,” bebernya.

Lanjutnya, Abut Bassar Banua diharapkan bukan hanya sekedar hiburan sesaat saja, akan tetapi dapat memacu semangat bersama agar semakin mencintai dan menjaga kebudayaan Berau.

“Akhirnya dengan mengucapkan Alhamudillahirabbilalamin seraya dengan petunjuk dan ridha Allah SWT, Abut Bassar Banua Tahun 2022 secara resmi saya tutup, semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala sesuatu yang kita kerjakan,” pungkasnya. (Nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel