Follow kami di google berita

Lomba Perahu Sukses, Kapal Diminta Menepi Dahulu

A-News.id, Tanjung Redeb,- Pelaksanaan lomba perahu pada kegiatan Abut Bassar Banua berjalan sukses, Semua kapal besar yang sempat penuhi lokasi lomba, di minta untuk menepi. Hal itu tak lepas dari peran KUPP Tanjung Redeb.

Pasalnya, sungai Segah merupakan salah satu wilayah pelayaran kapal-kapal besar. Sehingga dalam pelaksanaan lomba kapal harus menepi dengan arahan Syahbandar.



Kepala KUPP Tanjung Redeb, Hotman Siagian, S.SiT, SE, MM mengatakan, instruksi untuk menepi turun setelah pihaknya mendapat surat permohonan penggunaan area pelayaran untuk dijadikan lokasi balap perahu.

“Dengan itu, kami langsung berkoordinasi untuk segara meminta kepada kapten kapal untuk menepi, guna kelancaran kegiatan balap perahu,” ujarnya.

Menurutnya, lomba balap perahu merupakan tradisi masyarakat Banua yang harus terus dijaga kelestariannya. Sehingga, pihaknya pun merasa harus turut andil dalam menyukseskan kegiatannya.

“Meski tidak banyak yang bisa kami lakukan, tentu harapan kami itu bisa membantu,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan lomba perahu tersebut, KUPP bersama Pelindo pun turut melakukan pengawasan, agar tetap aman saat berlomba.

“Yang hadir di lapangan itu ada Pak Fatah, Anton, Budi dan Joko,” katanya.

Disebutkannya, pihaknya juga telah mengatur jadwal kapan kapal boleh kembali ke lokasi.


“Demi keselamatan dan suksesnya kegiatan, semua harus diatur. Apalagi ini pelestarian budaya, banyak masyarakat yang hendak menonton. Kalau tertutup kapal, tentunya juga kasihan penontonnya,” pungkasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel