Ribuan Tamu Akan Datang, PDAM Antisipasi Air Macet Saat Porprov

A-News.id, Tanjung Redeb — Dalam memberikan pelayanan maksimal pada tamu atau atlet yang berkunjung ke Kabupaten Berau, Perumdam Batiwakkal siap memenuhi kebutuhan fasilitas air bersih dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi VII Kalimantan Timur (Porprov Kaltim) mendatang.

Hal ini dikatakan Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman usai rapat koordinasi dengan PB Porprov di sekretariat PB Porprov Kaltim VII, Jalan Mangga II Tanjung Redeb, Selasa (15/11/2022).

“Yang hadir PLN, PDAM, Telkom, Bank dan beberapa pihak yang bergerak di bidang transportasi, rapat ini membahas tentang kesiapan kita untuk mendukung porprov,” ujarnya.

Saipul mengatakan, pihaknya akan siap memberikan fasilitas air bersih terhadap tamu maupun atlet yang diperkirakan jumlahnya cukup besar yakni 10.000 hingga 15.000 orang. Adapun kendala yang kemungkinan terjadi yaitu saat listrik sedang terjadi gangguan, namun pihak PDAM telah menyediakan beberapa unit Genset (Generator Listrik) di beberapa pompa air nantinya.

Khususnya di pesisir sempat menjadi pembahasan mengingat ada 2 Cabang Olahraga (Cabor) yang nantinya akan dipertandingkan. Hingga saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas PUPR agar perbaikan segera tuntas.

“Karena kita menunggu perbaikan proyeknya PUPR itu, kalau sudah bisa selesai kami akan operasikan,” bebernya.

Untuk fasilitas air bersih di kepulauan, dirinya menganggap tidak ada kendala karena dari pemerintahan kampung telah menyediakan air bersih yang kualitasnya sudah lumayan.

Sementara itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan DPUPR mengenai pekerjaan penggalian yang saat ini sedang berjalan sehingganya kebocoran dapat cepat teratasi.

“Jadi itu juga menjadi kendala, tapi itu dapat kami atasi secepatnya,” katanya

Dirinya menambahkan, saat ini PDAM juga berfokus pada daerah perkotaan mengingat cabor yang dipertandingkan cukup banyak. Saipul menghitung perkiraan air yang akan digunakan saat porprov berlangsung yaitu sekitar 1 juta liter.

“Itu kalau hitungannya 1 orang kan biasanya 60-100 liter perhari, kalaupun datang nantinya sampai 10.000 tamu kan hanya satu juta liter saja. Jadi tambahan sekitar 1.000 kubik saja,” jelasnya.

“Karena kita mampu memproduksi 1 juta per meter kubik air dalam sebulan, berarti kebutuhan air nantinya masih jauh dibawah kesanggupan kita,” tandasnya. (yf)

Bagikan