Follow kami di google berita

Raih Prestasi Gemilang di Usia ke-41

A-News.id, Tanjung Redeb — Perumda Air Minum Batiwakkal, yang sebelumnya dikenal sebagai PDAM Tirta Segah, merayakan hari jadinya yang ke-41 di Taman Bukit Maritam, Tanjung Redeb, Kamis (18/4/2024). Acara ini dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Wakil Bupati Berau Gamalis, dan Ketua DPRD Berau Madri Pani dan beberapa pejabat lainnya.

Di usianya yang tak muda lagi, Perumda Batiwakkal menunjukkan kinerja yang gemilang. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, seperti:

  • Penghargaan TOP BUMD Awards 2024 Bintang 5
  • Nilai tertinggi se Kalimantan Timur dalam audit kinerja BPKP tahun 2022 dengan nilai 3,795 Kategori Sehat
  • Laba perusahaan sebesar Rp 5,27 Miliar pada tahun buku 2023

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyampaikan apresiasinya atas kinerja Perumda Batiwakkal dan berharap perusahaan ini dapat terus meningkatkan kinerjanya untuk memberikan pelayanan air bersih yang lebih baik lagi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Berau.

Sri Juniarsih juga mengungkapkan komitmennya untuk terus mendukung Perumda Batiwakkal dalam upaya meningkatkan cakupan pelayanan, kualitas air, dan efisiensi operasional. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan melanjutkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Singkuang, Labanan, dan beberapa kampung di wilayah Berau.

Di usianya yang ke-41, Perumda Batiwakkal patut menjadi contoh bagi BUMD lainnya di Indonesia. Dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi, Perumda Batiwakkal telah membuktikan bahwa mereka mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Sri Juniarsih juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau yang tergabung dalam Forum RT yang telah mendukung kinerja Perumdam Batiwakkal Berau. Sehingganya Perumda dapat melayani masyarakat secara maksimal.

Sri Juniarsih juga mengapresiasi Direktur Perumda Batiwakkal Berau beserta jajarannya yang berhasil mendapatkan penghargaan berupa TOP BUMD Awards 2024 Bintang 5. “Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan laporan hasil audit kinerja BPKP tahun 2022, Perumda Batiwakkal memperoleh nilai tertinggi se Kalimantan Timur dengan nilai 3,795 Kategori Sehat. Sementara hasil laporan audit KAP tahun buku 2023 menyatakan laba perusahaan sebesar Rp 5,27 Miliar.

Kemudian dari segi pemenuhan air bersih, dijelaskan Sri Juniarsih bahwa Pemerintah Kabupaten Berau terus melakukan upaya penambahan sambungan rumah setiap tahun. Sebagaimana target yang tertuang dalam RPJMD (2021- 2026) yaitu penambahan 25.000 sambungan baru.

Upaya ini dilakukan dengan perluasan jaringan perpipaan, serta berupaya untuk meningkatkan kapasitas IPA, baik di wilayah perkotaan maupun di kecamatan.

“Upaya ini terus kami lakukan, baik melalui Dinas PUPR ataupun Perumdam Batiwakkal,” pungasknya. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel