Follow kami di google berita

PT Berau Coal dan Yayasan Budha Tzu Chi Sinar Mas Lakukan Baksos Operasi Mata Katarak Gratis

A-News.id, Tanjung Redeb – PT Berau Coal bersama Yayasan Budha Tzu Chi Sinar Mas, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, dan RSUD Abdul Rivai melaksanakan screening operasi katarak gratis untuk masyarakat Berau dan sekitarnya, Sabtu (8/7/2023) lalu.

Ketua Baksos Yayasan Budha Tzu Chi Cabang Sinarmas, Dr. Ruth Atmaja mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat di Kabupaten Berau dan sekitarnya. Dimana, bantuan yang diberikan berupa bantuan operasi mata katarak secara gratis.

Ia mengatakan, untuk kasus katarak, memiliki pertumbuhan yang cukup cepat di Indonesia. Hal itu pun dipengaruhi oleh penyakit-penyakit degeneratif yang timbul.

“Ini semakin banyak kasus katarak. Termasuk di Berau. Saat ini saja, di usia 40 tahun, sudah banyak yang menderita katarak. Hal itu disebabkan, adanya penyakit degeneratif yang mendorong munculnya penyakit katarak,” ujarnya.

Dr. Ruth menyebut, bahwa program operasi mata katarak ini tidak hanya dilakukan di Berau. Kegiatan ini, dilaksanakan bergantian di seluruh Indonesia.

“Tidak hanya soal katarak, Kami sebagai Non-Governmental Organization (NGO) bekerja berdasarkan kebutuhan masyarakat. Dimana, memang ada tim kami yang mendata, apa yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesehatannya,” ucapnya.

“Untuk di Berau, berdasarkan data, memang membutuhkan bantuan pengobatan katarak, sehingga program ini kami laksanakan. Mengingat juga, tidak semua masyarakat mampu untuk menjalani pengobatan mata katarak. Dan penindakannya pun, mengharuskan masyarakat berangkat ke Balikpapan. Sehingga, kami hadir di sini untuk jemput bola,” tambahnya.

Untuk tenaga kesehatan yang dilibatkan, didatangkan dari Balikpapan dan Jakarta. “Tenaga medis yang dilibatkan semuanya adalah relawan. Mereka tidak dibayar, bekerja secara sukarela,” ungkapnya.

Diakuinya, dalam pelaksanaan operasi mata katarak nantinya, akan melibatkan 8 orang dokter spesialis mata, dan 8 orang perawat. “Nanti operasinya akan dilaksanakan di RSUD dr Abdul Rivai,” ucapnya.

Sementara itu, Manager Community Development PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman mengatakan, kegiatan ini adalah program kolaborasi bersama Yayasan Budha Tzu Chi dengan PT Berau Coal dan Pemkab Berau serta RSUD Abdul Rivai.

Dijelaskannya, ada sekira 716 masyarakat yang mendaftar untuk skrining operasi mata katarak gratis. Tidak hanya dari Berau, bahkan, masyarakat yang hadir pun datang dari Kutai Timur dan Kalimantan Utara.

“Pendaftaran program ini telah dilakukan sejak bulan Juni lalu dengan bantuan yayasan dan kampanye yang dilakukan secara aktif. Informasi mengenai program tersebut juga disebarluaskan oleh Dinas Kesehatan Berau,” lanjutnya.

Dijelaskannya, Yayasan Budha Tzu Chi dan PT Berau Coal adalah bagian dari Sinar Mas. Sehingga, kegiatan-kegiatan seperti ini tentunya sudah biasa dilakukan.

“Dan nantinya, kegiatan ini akan kami evaluasi bersama. Apakah memungkinkan jika dilaksanakan secara berkala berkelanjutan,” bebernya.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa ini adalah suatu bentuk komitmen PT Berau Coal untuk melaksanakan program PPM. “Salah satu pilar PPM kami adalah dibidang kesehatan. Dan ini adalah bagian dari pelaksanaan komitmen itu,” tegasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Berau dr Jimmy Adriani, mengaku bersyukur atas kepedulian perusahaan yang membantu pemerintah dalam mengentaskan penyakit katarak di tengah masyarakat.

Program itu pun disebut telah selaras dengan upaya pemerintah dalam mengintervensi angka katarak di Bumi Batiwakkal. Menurut data yang dimiliki Dinkes Berau, sejauh ini terdapat 202 masyarakat dengan resiko katarak yang telah diperiksa.

“Tentu kami berterima kasih kepada pihak perusahaan karena telah berkolaborasi dan berkomitmen dalam menyelesaikan tantangan pemerintah,” ujar dia.

Sementara itu, Malik (78) warga Tabalar yang dijadwalkan untuk melakukan operasi mata katarak, menyebutkan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya program tersebut.

“Alhamdulillah seluruh tahapan screening sudah dijalani, selanjutnya harus bersiap untuk tindakan operasinya pekan depan, semoga berjalan dengan lancar, dan pastinya ini sangat bermanfaat,” tandasnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel