Follow kami di google berita

PT Berau Coal Beri Dukungan Motor Sampah Kepada PKL Basuli Untuk Operasional Kebersihan Area Wisata Tepian Sambaliung

A-News.id, Sambaliung – PT Berau Coal salurkan bantuan berupa satu unit kendaraan roda tiga yang difungsikan sebagai operasional kebersihan kepada PKL Basuli, Sambaliung. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka mendukung optimalisasi kebersihan di kawasan wisata tepian Sambaliung.

Community Development Manager PT Berau Coal, Hikmawaty mengatakan, dukungan motor sampah merupakan kelanjutan bantuan dan pendampingan yang diberikan oleh PT Berau Coal melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM).

Diakuinya, pendampingan terhadap UMKM PKL Basuli tersebut, sudah dilakukan sejak tahun 2020. Awalnya pelaku UMKM PKL Basuli hanya ada 30 rombong, hingga sekarang berkembang dan semakin ramai mencapai 150 rombong atau booth UMKM.

“Secara berkelanjutan kita sudah bekerja sama mendampingi PKL Basuli Sambaliung, mulai dari menyediakan sarana fasilitas seperti bantuan booth UMKM, gazebo, sanitasi jamban sehat, dan fasilitas lainnya. Di samping itu juga mendampingi kegiatan-kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas dan keterampilan,” ungkapnya.

Ramainya kegiatan dan pengunjung di tepian Sambaliung membuat pengelola atau Kelurahan Sambaliung semakin kesulitan dalam mengelola sampah. “Kalau pengelolaannya mungkin sudah ada. Hanya saja memang kekurangan alat angkut,” ujarnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Terlebih, untuk menjaga kebersihan di kawasan tempat wisata kuliner dan sejarah yang ada di Kecamatan Sambaliung.

“UMKM telah menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk dapat dikembangkan. Sehingga kita tentu perlu memberikan perhatian dan dukungan dalam hal ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Lurah Sambaliung, Didi Mulyadi mengatakan, dengan meningkatnya jumlah pedagang dan pengunjung di kawasan PKL Basuli Sambaliung, maka meningkat pula produktivitas sampah yang dihasilkan.

“Kemarin-kemarin untuk mengangkut sampah yang ada, hanya menggunakan alat gerobak rakitan sederhana,” ucapnya.

Atas bantuan motor sampah tersebut, dirinya pun berterima kasih kepada PT Berau Coal selama ini dapat berkolaborasi mengembangkan wisata tepian Sambaliung. Diharapkannya, dengan adanya bantuan ini persoalan sampah di kawasan PKL Basuli Sambaliung dapat dituntaskan dengan baik.

Sementara itu, Ketua PKL Basuli Sambaliung, Joni Ardi mengatakan, bahwa bantuan yang diberikan PT Berau Coal tersebut sangat bermanfaat. “Dengan bentangan jarak yang mencapai 2,3 Km, tentu kewalahan juga. Terlebih, kami sebelumnya hanya pakai gerobak rakitan,” jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan angkut sampah di kawasan PKL Basuli ini, dilakukan setiap hari secara rutin. Jika tidak dilakukan setiap hari, maka akan menimbulkan aroma tidak sedap dan mengganggu pemandangan kebersihan di area wisata tepian Sambaliung.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungannya. Karena memang ini sangat membantu kami,” pungkasnya. (ADV/poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel