Follow kami di google berita

Prioritaskan Jalan dan Drainase

A-News.id, Teluk Bayur — Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Rahman, memberikan dorongan yang sangat positif kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, khususnya melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), untuk memprioritaskan usulan-usulan terkait pengaspalan jalan dan peningkatan drainase.

Ia dengan tegas mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengambil tindakan konkret dalam menyelesaikan usulan-usulan dari berbagai kampung yang tersebar di Kecamatan Teluk Bayur.

“Kita mendengar usulan dari Kepala Kampung Tumbit Melayu tentang pengaspalan jalan. Saya melihat sendiri di lapangan bahwa keadaannya memprihatinkan. Permintaan ini sudah lama, dan saatnya kita memberikan perhatian yang lebih serius,” ujarnya.

Rahman juga menyoroti urgensi pengaspalan jalan yang berdekatan dengan sungai atau berada di pinggir sungai. Ia menggarisbawahi bahwa kondisi ini menjadi lebih berisiko saat terjadi banjir, karena jalan yang tidak teraspal dapat tergerus oleh arus sungai.

Selanjutnya, Rahman membahas masalah drainase di daerah Rinding, khususnya di RT 5 dan 10. Dalam pertemuan reses dan Musrenbang, keluhan masyarakat tentang banjir selalu menjadi sorotan utama.

“Meskipun telah dilakukan perbaikan drainase berulang kali, tetapi masalah banjir masih sering terjadi. Oleh karena itu, kami mendesak OPD terkait untuk segera melakukan pembangunan saluran pembuangan air yang efektif guna mengatasi masalah banjir ini, terutama di daerah perkotaan,” papar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lebih lanjut, ia juga menyoroti masalah genangan air di sekitar Pasar Sanggam Adji Dilayas (PSAD). Ia menegaskan bahwa saat pembangunan pasar tersebut dilakukan, tidak dipasang saluran pembuangan yang langsung menuju sungai, sehingga sering terjadi genangan air.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Rahman menegaskan bahwa sudah banyak upaya dilakukan dengan melibatkan DPUPR dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk menangani permasalahan ini. Ia optimis bahwa dengan kerja keras dan koordinasi yang baik, masalah-masalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, menegaskan bahwa pembenahan infrastruktur jalan merupakan salah satu fokus utama Pemkab Berau dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pembenahan infrastruktur jalan menjadi daya ungkit utama dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah, memperlancar distribusi barang dan jasa, serta membuka akses ke kawasan-kawasan potensi ekonomi baru,” ujar Sri Juniarsih dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Sri Juniarsih menjelaskan, dengan kondisi jalan yang mulus dan laik dilalui, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam beraktivitas, baik dalam hal perdagangan, pendidikan, maupun pariwisata. Hal ini diyakini akan mendorong geliat ekonomi di berbagai sektor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sri Juniarsih berharap, dengan gencarnya pembenahan infrastruktur jalan, dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Berau dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel