Follow kami di google berita

Pos Jaga Dishub Wilayah Bujangga Siap Difungsikan, Antisipasi Pelanggaran Keselamatan Angkutan Jalan

A-News.id, Tanjung Redeb – Antisipasi
keselamatan jalan, Dinas Perhubungan Berau sudah membangun pos jaga di Bujangga, Kelurahan Bedungun, Tanjung Redeb Berau, Senin (13/3/2023).

Kawasan tersebut sengaja diprioritaskan untuk dibangun terlebih dahulu pos jaga, karena kerap kali terjadi pelanggaran lalu lintas. Seperti halnya portal yang berulang kali ditabrak kendaraan dengan muatan melebihi kapasitas.

Tak hanya itu, menurut penuturan Kepala Dishub Berau Andi Marewangeng jalan bujangga juga masuk ke dalam kawasan lalu lintas rawan padat kendaraan ditambah jalur keluar masuknya kendaraan yang mengisi bahan bakar di pom bensin sekitar.

“Jadi pos jaga ini merupakan aset yang dibangun menggunakan anggaran belanja tambahan atau ABT tahun 2022,” kata Andi saat ditemui pada sela-sela peninjauan bangunan pos jaga.

“Ini akan kita fungsikan untuk mengatur dan penertiban angkutan keselamatan jalan,” tambahnya.

Lanjutnya, dalam pengoperasian pos tersebut akan ditempati 6 orang petugas Dishub yang akan berjaga selama 24 jam secara bergantian. Pos jaga itu pun diharapkan mampu menjadi aset pemantauan yang efektif untuk petugas Dishub di lapangan.

Karena melalui fakta di lapangan selama ini petugas Dishub khususnya yang berjaga di kawasan bujangga kerap memantau melalui warung kopi dan teras-teras rumah warga.

“Kita harapkan kinerja petugas di lapangan juga bisa lebih efektif dengan adanya fasilitas pendukung seperti ini,” tandasnya.

Selain Bujangga, pos jaga Dishub serupa secara bertahap juga akan dibangun di beberapa titik rawan lain, diantaranya jalan kilo 5, Teluk Bayur, Dermaga Sanggam dan beberapa persimpangan jalan lain yang ada di Berau. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel