POLRES BERAU TURUNKAN 500 PERSONIL AMANKAN PILKADA BERAU 2020

Polres Berau

ANEWS, Berau –  Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, yang bisa menjadi hambatan terhadap pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, Kompol Damus Asa, Kabagops Polres Berau mengatakan pihaknya telah menyiapkan 400 anggota personel dari Polres Berau dan ditambah dari Polda Kaltim sebanyak 100 personel.

“Jadi kita dalam menjelang masa pilkada besok, kita sudah menyiapkan anggota personel kita dari Polres Berau sendiri itu kurang lebih 400 personel, kemudian dari polda itu 100 personel. Kemudian kita kemaren sudah mengadakan upacara pergeseran pasukan di kecamatan yang ada di wilayah Berau,” imbuh Damus.

Ditambahkan Dia bahwa sudah ditempatkan personil pengamanan itu ke 13 kecamatan, ditambah dengan personil yang ada di polsek-polsek di setiap kecamatan masing-masing.

“Nah harapan kita disini penyelenggaraan pencoblosan besok bisa berjalan dengan lancar aman tertib kondusif kemudian juga tidak ada gangguan walaupun dalam masa pandemi ini, kita juga memerhatikan protokol kesehatan yang ada,” tandasnya.

Pihaknya juga memperhatikan benar tata cara di lapangan, kemudian juga Polres siap membantu personil kepolisian yang ada, dilengkapi dengan APD sehingga nanti sewaktu-waktu ketika ada kendala disana pihaknya sudah siap.

Sementara sebelumnya, Damus juga mengatakan bahwa pada tahapan kemaren Polres melaksanakan juga pengawalan melekat terhadap logistik pilkada dari gudang KPUD Berau sampai ke kecamatan-kecamatan.

“Sebelum pilkada kita kemaren juga melakukan pengawalan melekat terhadap logistik pilkada dari gudang KPUD yang ada, kita kawal dari masing masing personel kita awasi sampai ke PPK di kecamatan yang kemaren laporannya sama hari ini pun dilaporkan semuanya sampai dengan aman tertib semua,” tambah Damus.

Begitu juga pasca pelaksanaan pemungutan suara di TPS, aparat kepolisian pun tetap melakukan pengamanan.

“Begitu juga nanti harapan kita kembalinya, yang juga dari PPK ke TPS, nanti kembali juga ke PPK kembali ke KPUD juga harapan kita semua kita kawal semua personel Polres Berau bersama polsek agar aman terkendali tanpa gangguan sampai nanti pleno ataupun perhitungan semuanya seperti itu,” imbuhnya.

Ketika ditanyakan perkiraan potensi terjadinya hambatan, Damus mengatakan sampai saat ini ataupun sifatnya gangguan tidak ada.

“Walaupun kemaren ada sempat kejadian penganiayaan, itu sudah ditangani dari kita, dan dari Polres, Kodim dengan inisiasinya bapak Kapolres dan pak Dandim mengumpulkan masing-masing timses, baik itu dari 01 atau 02, ada juga Kejari juga dari Bawaslu, Ketua KPU untuk sama-sama berkomitmen menjaga kondusifitas pilkada di Kabupaten Berau, nah harapan kita ya bisa kondusif semua,” terangnya.

Menutup bincang dengan ANews, Damus berharap besok itu ibaratnya hari terakhir dalam masa tahapan-tahapan pilkada kemaren yang dimulai dari melaksanakan pendaftaraan, verifikasi, penetapan paslon, pencabutan nomor urut, kemudian kampanye, yang diikuti masa tenang dan terakhir besok yaitu pencoblosan, sebagai puncaknya.

“Kita harapkan untuk masyarakat Berau bisa menjaga kemanan, ketertiban pada saat pencoblosan, begitupun pada saat perhitungan suara. Kemudian juga selesainya kita harapkan semua dengan aman dan tertib saling menjaga agar aman dan kondusifitas Kabupaten Berau tetap terjaga dan tidak ada satupun yang bisa memecah belah warga ataupun merusak kamtibmas yang ada di Kabupaten Berau, mungkin itu saja harapan kita dan semua bisa terlaksana dengan baik,” tutupnya. (jul/nov)

Bagikan