Follow kami di google berita

Polres Berau Launcing Program Polisi RW

A-News.id, Tanjung Redeb – Ipda Siswanto, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Berau diamanahi menjadi polisi RW.

Polisi RW itu dibentuk di setiap wilayah dan diharapkan dapat mencegah gangguan Kamtibmas, berkerja sama dengan seluruh elemen masyarakat.

Kapolres Berau, AKBP Sindu Brahmarya mengatakan, program Polisi RW itu diadakan guna mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul dari basis komunitas terendah, yakni lingkungan rukun warga (RW).

“”Sebenarnya Polisi RW itu tugasnya adalah bagaimana mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security asesmen, polisi akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya,” katanya.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Ia mengatakan kehadiran polisi di ruang lingkup RW bisa mewujudkan polisi sebagai pengayom bagi masyarakat.

Menurutnya, Polisi RW juga perlu memahami permasalahan masyarakat di tingkat RW mulai dari soal ekonomi masyarakat bahkan hingga kasus stunting.

“Bukan mengutamakan penegakan hukum, tapi mencegah itu lebih murah, lebih efektif. Kalau RW aman, kelurahan aman, dan seterusnya juga bakal aman,” ungkapnya.

Petugas khusus ini memang disiapkan untuk mengkondusifkan keamanan di lingkungan masyarakat terkecil dari konflik sosial. Ini akan menunjang warga dalam beraktivitas sehari-hari yang aman dan nyaman.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengembangkan program polisi RW yang akan disebar di seluruh permukiman warga di Indonesia. Tujuan utamanya adalah merealisasikan satu Bhabinkamtibmas yang sudah bertugas di seluruh Indonesia dan mengoptimalkannya di satu desa/kelurahan

“Guna memenuhi jumlah Bhabimkatibmas Kami mencoba kembangkan Polisi RW yang saat ini telah dilaksanakan di Polda Metro Jaya,” tukasnya. (Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel