Follow kami di google berita

Pokdarwis Meningkat : Banyak Masyarakat Sadar Potensi Wisata di Daerahnya

Wisata Tapal Kuda Tumbit Melayu

A-News.id, Tanjung Redeb — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ilyas Natsir mengatakan sejauh ini kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Berau mengalami peningkatan.

Peningkatakan ini merupakan salah satu kesadaran masyarakat akan potensi daerah miliknya dari tingkat Kabupaten maupun Kelurahan/Desa.

Dapat dilihat bersama, munculnya wisata wisata buatan yang dapat mengundang minat wisatawan khususnya masyarakat Berau. Salah satu yang dimaksud yaitu wisata Dana Tapal Kuda yang berada di Kampung Tumbit Melayu.

“Di sana dapat kita lihat, walau tempatnya jauh akan tetapi banyak  pengunjung yang datang,” ujarnya.

Selain itu, banyaknya juga wisata buatan di daerah lain yang tentunya dikelola langsung oleh masyarakat sekitar baik itu melalui kelompok, swasta maupun Bumdes masing-masing desa.

Ilyas mengatakan, tak jarang juga wisata buatan yang telah beroperasi kurang peminat, menurutnya hal itu tak terlepas dari seberapa konsistennya pengelola mempromosikan tempat wisatanya.

“Karena itu sempat saya tanyakan, bukan karena fasilitas yang kurang melainkan daya tarik itu dapat kita munculkan dengan promosi yang konsisten,” ujarnya.

Ditambahkannya, ada sekitar 28 Pokdarwis yang telah terbentuk dan masih banyak lagi desa yang mengajukan agar dibuat kegiatan sosialisasi mengenai potensi-potensi apa saja yang dapat mendatangkan pengunjung ke desa tersebut.

“Tentu hal ini tidak terlepas dari dukunga pemerintah juga, bahkan ada yang ingin menjadikan perkebunan kelapa sawit dijadikan tempat wisata,” tandasnya, (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel