Follow kami di google berita

PMI Berau Gelar Musyawarah Kabupaten ke VI

A-News.id, Tanjung Redeb — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Berau menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-VI pada Senin (22/4/2024). Muskab ini bertujuan untuk penyegaran organisasi dan intensifikasi tugas sosial kemanusiaan yang diemban oleh PMI. Kali ini Muskab pergantian pengurus diikuti oleh dua calon Ketua, yakni Fitrial Noor dan Hardiansyah.

Ketua PMI Berau, Agus Tantomo, dalam sambutannya mengingatkan bahwa PMI adalah organisasi kemanusiaan yang dibentuk untuk turut andil dalam penanggulangan bencana. Ia menekankan bahwa tugas PMI bukan hanya donor darah, tetapi juga siap menjadi garda terdepan saat terjadi bencana.

Agus mencontohkan peran PMI Berau dalam penanganan bencana pandemi Covid-19 dan berbagai bencana alam seperti kebakaran dan gempa bumi. Ia menegaskan bahwa PMI Berau tidak hanya menangani bencana di daerahnya, tetapi juga turut membantu di luar daerah, seperti saat gempa Palu.

Oleh karena itu, Agus mengingatkan agar calon ketua dan pengurus PMI yang baru benar-benar memiliki komitmen untuk mengabdikan diri pada urusan kemanusiaan.

“Saya minta panitia Muskab untuk tidak menghalangi orang yang ingin mengabdi untuk kemanusiaan,” bebernya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang hadir dalam Muskab ini berharap peran PMI Berau sebagai organisasi kemanusiaan dapat lebih meningkatkan sinergitasnya dengan pemerintah. Ia mendorong koordinasi yang cepat antar sektor, termasuk kesehatan dan BPBD, dengan PMI untuk memberikan pertolongan kemanusiaan secara maksimal dengan dukungan pemerintah daerah.

Sri Juniarsih melihat Muskab PMI Berau sebagai momentum penting untuk keberlanjutan gerak organisasi melalui tonggak kepemimpinan dan perumusan program kerja yang solutif dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia menekankan bahwa pemimpin yang terpilih haruslah yang benar-benar pantas mengemban amanah dan mengutamakan kepentingan organisasi serta visi, misi, dan tujuan besar PMI.

Bupati Berau menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Pemerintah terus berkomitmen untuk membantu agar anggota PMI dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” bebernya.

Sri Juniarsih juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua PMI Berau beserta jajaran kepengurusan sebelumnya atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel