Follow kami di google berita

PJU di Berau Masih Minim

A-News.id, TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga soroti lampu penerangan jalan umum (PJU) yang hingga saat ini belum maksimal.

Saga mengatakan, pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp 3 – 4 miliar untuk pemaksimalan PJU sebelum perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim dimulai beberapa waktu lalu.

“Tetapi itu untuk beberapa titik. Seperti di Kampung Tanjung Batu dan Pulau Derawan, karena kemarin menjadi venue,” ungkapnya saat dihubungi, Kamis (16/2/2023).

Saga mengatakan, ada beberapa titik yang belum dipasang PJU yakni penerangan jalan umum untuk jalan poros Tanjung Redeb-Tanjung Batu dan Sambaliung-Bidukbiduk. Diakuinya hal ini akan dikordinasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Tetapi kedepannya kami akan upayakan mengenai hal ini, agar penerangan jalan umum yang ada dapat berfungsi secara maksimal,” katanya.

Saga menjelaskan, adanya lampu penerangan jalan umum ini sangat penting. Salah satunya untuk mengantisipasi tindak kriminal di jalanan yang gelap gulita, sehingga mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat.

“Selain itu, dengan minimnya penerangan di jalanan dikhawatirkan memicu terjadinya kecelakaan dan kriminalitas,” imbuhnya.

Dipaparkannya, titik yang penting dipasang penerangan yakni tikungan, perempatan, jalur sepi dan wilayah permukiman. “Itu perlu dibuat terang, saya minta OPD terkait ada melakukan evaluasi mengenai hal ini,” ujarnya.

Saga juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mencuri komponen penerangan jalan umum. Sebab, kata dia, Sarana dan Prasarana (Sarpas) yang dibangun pemerintah untuk kepentingan bersama.

“Penerangan jalan ini untuk keselamatan lalu lintas. Mungkin kedepannya harus ada alat pengawasnya, agar tidak ada lagi komponen-komponen yang hilang,” tandasnya. (Yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel