Follow kami di google berita

Pesona IKN, Ribuan Orang Penuhi Kawasan Titik Nol

A-News.id, Tanjung Redeb — Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat libur Lebaran ini. Sejak H+2 lebaran, pengunjung di Titik Nol IKN Nusantara tembus 1.700 orang.

Saat dihubungi, Kapolsek Sepaku AKP Kasiyono mengatakan Titik Nol IKN dibuka sejak tanggal 4 Mei 2022 dan telah dipenuhi ribuan pengunjung, bahkan di hari kedua (5/5) tembus 2.700 orang.

“Di hari ke tiga sudah naik menjadi 3000 orang. Untuk jumlah kendaraan sekitar 550 kendaraan roda empat dan sisanya sepeda motor kemungkinan dari orang lokal,” jelasnya.

Akses yang dibuka untuk umum hanya dikawasan pembangunan Titik Nol, namun antusias masyarakat tak dapat dibendung lagi, mengingat orang nomor satu di Indonesia pernah mengunjungi tempat tersebut.

“Karena memangkan orang yang datang itu rata-rata penasaran ingin tahu kawasan IKN, seperti apa mereka pingin mengambil momen. Dan juga salah satu sisinya dekat dari Balikpapan, dekat dari penajaman dan masih berada di pinggir jalan,” ungkapnya.

Banyaknya pengunjung yang memadati tempat tersebut, Polri dan TNI hadir untuk bersama memantau walau tempat tersebut bukan tempat wisata namun animonya seperti tempat wisata.

“Suasana aman aja, masyarakat hanya berfoto melihat tanaman yang ditanam oleh presiden, kemudian landmark Titik Nol kan jokowi pernah ke situ jadi otomatis orang pingin juga,” katanya.

Ribuan pengunjung yang mengunjungi kawasan tersebut tentunya tidak terlepas dari permasalahan sampah, dengan begitu dirinya menghimbau agar masyarakat dapat menjaga kebersihan bersama.

“Alhamdulillah dalam waktu tiga hari, ada peningkatan masyarakat, kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan,” katanya.

“Kedatangan pengunjung juga ada yang dari luar kota, yaitu dari Surabaya, Bandung, Banjarmasin, Berau, Tarakan dari Kaltara. IKN ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga warung-warung di sini laris semua dagangannya,” tukasnya,

Kasiyono memprediksi di hari ke empat ini, pengunjung makin bertambah sehingga akan terus memonitor demi keamanan dan kenyamanan bersama. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel