Follow kami di google berita

Peringati Hari Ikan Nasional 2021, Dinas Perikanan Adakan Lomba Penyuluhan dan Desain Baliho Gemar Ikan

A-News.id, Berau – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Ke-8 Tahun 2021 yang diperingati pada 21 November 2021 yang akan datang,  Dinas Perikanan Kabupaten Berau mengadakan Lomba Penyuluhan Gemar Ikan yang akan diikuti seluruh Guru-Guru PAUD dan Lomba Desain Baliho Gemar Ikan yang diikuti seluruh pelajar SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Berau.

Yunda Zuliarsih, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Senin, 25/10/2021 menyampaikan bahwa tema Lomba Penyuluhan adalah “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk Mencegah Stunting”, sementara tema Lomba Desain Baliho adalah “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)”.

Ditambahkan Yunda, bahwa Lomba Penyuluhan dikhususkan bagi guru-guru PAUD, sementara untuk Lomba Baliho Gemar Ikan dikhususkan bagi pelajar-pelajar SMA/SMK sederajat, yang setiap tim pesertanya terdiri dari 2 siswa.

Menurut Yunda, lombanya dilakukan secara online, begitu juga pendaftarannya dilakukan secara online dari tanggal 18 – 30 Oktober, kemudian technical meeting 1 November 2021, selanjutnya dari 2 sampai 8 November, peserta lomba penyuluhan dan lomba desain baliho, akan mengirimkan hasil lomba mereka, baik berupa video maupun gambar desain baliho.

“Nanti akan kami umumkan tanggal 15 November, karena untuk baliho itu (pemenang) sebelum tanggal 21 akan kami pasang di depan kantor  Diskan Berau,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan terkait memperingati Hari Ikan Nasional ke-8, Dinas Perikanan Berau juga akan mensosialisasikan gemar ikan dengan membagikan ikan-ikan yang beku (frozen) kepada masyarakat kampung adat terpencil di Km 60 Kampung Maluang pada 21 November 2021.

Sedangkan bagi pemenang lomba penyuluhan dan lomba desain baliho yang bertemakan Gemar Ikan akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala, piagam dan barang.

“Ukuran A3 kalau gak salah, nanti yang balihonya kan kami menyesuaikan, dan yang penting itu diserahkan ke panita. Dan desain itu merupakan hasil karya secara manual, jadi bukan digital,” tuturnya.

Rencananya Dinas Perikanan juga akan melaksanakan Bazar Ikan Hias dengan produk pengolahan hasil perikanan serta Live Cooking.

“Ya rencananyaiInsya Allah, semoga tidak ada halangan dan semoga kami bisa nanti mengkoordinasikan dengan tim satgas, mungkin kami akan melaksanakan Bazar Ikan Hias saja di depan ini, mungkin juga dengan produk pengolahan hasil perikanan, seklaigus kita Live Cooking pada tanggal 19 November 2021,”

Yunda berharap, dengan memperingati hari ikan nasional ini, masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Berau, mulai saat ini untuk gemar menkonsumsi ikan menjadi pangan utama, lauk utama.

“Karena dengan makan ikan, insya Allah kita akan tumbuh dengan cerdas, sehat dan kuat. Dan itu terbukti salah satu atlet Berau di PON Papua. Dan kami akan memasang baliho atlet Berau itu sebagai salah satu desain untuk menjadi daya tarik, dengan makan ikan kita bisa berprestasi,” pungkasnya. (red)

Bagikan

Subscribe to Our Channel