Follow kami di google berita

Peringatan HUT Pertambangan dan Energi ke 77, PT Berau Coal Raih Penghargaan

A-News.id — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali melaksanakan Penganugerahan Penghargaan sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77. Penghargaan di sektor ESDM ini diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

PT Berau Coal meraih tiga Penghargaan Penerapan Teknik Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang baik pada Good Mining Practices Award 2022. Satu lagi, PT Berau Coal juga menerima penghargaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Batu Bara Terinovatif pada Ajang Soebroto Award 2022.

Tahun ini, untuk ketiga kalinya, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan Penghargaan atas Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik kepada perusahaan pertambangan pemegang Kontrak Karya (KK), Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), Izin Usaha Pertambangan (IUP) serta perusahaan jasa pertambangan pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practice). Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Setelah tahun lalu memborong penghargaan GMP, tahun ini, PT Berau Coal kembali memenangkan beberapa kategori. Di antaranya, penghargaan Penerima Piagam Aditama pada Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Kelompok Badan Usaha Pemegang PKP2B, IUPK Komoditas Batu Bara. Penghargaan kedua, sebagai Penerima Piagam Aditama pada Aspek Penerapan Konservasi Mineral dan Batu Bara, Kelompok Badan Usaha Pemegang PKP2B, IUP, dan IUPK komoditas batu bara. Dan penghargaan terakhir, sebagai Penerima Piagam Aditama pada Aspek Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan, Kelompok Badan Usaha Pemegang KK, PKP2B, IUP, dan IUPK Komoditas Mineral dan Batu Bara.

Rudini, Corporate Communication Superintendent PT Berau Coal menuturkan, bahwa penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen PT Berau Coal dalam menjalankan operasional pertambangannya sesuai dengan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Pihaknya tentu saja patut bersyukur atas raihan ini, tiga penghargaan yang berhasil diraih perusahaan merupakan upaya bersama insan PT Berau Coal dan mitra kerja untuk menjalankan operasional, melakukan konservasi batu bara, dan mengelola aspek lingkungan yang bertanggung jawab sesuai dengan aturan pemerintah bahkan berupaya bisa lebih dari yang dipersyaratkan.

“Penghargaan ini tentu menjadi motivasi seluruh karyawan untuk dapat konsisten dan terus meningkatkan kualitas unggul dalam operasional yang selamat, hijau, dan beyond compliance,” jelasnya.

Dikatakan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang, Sunindyo Suryo Herdadi menjelaskan, bahwa maksud dari acara ini adalah untuk memberi apresiasi dan motivasi kepada seluruh perusahaan pertambangan pemenang agar bisa berlomba-lomba berprestasi dalam melaksanakan kaidah teknik pertambangan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menambah motivasi seluruh pelaku usaha kegiatan pertambangan untuk tetap melaksanakan operasional pertambangan sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan kaidah pertambangan dan minerba. Serta menjadi tolak ukur bagi pemerintah atas keberhasilan dalam pembinaan pengawasan aspek teknik dan lingkungan terhadap kegiatan usaha pertambangan,” jelasnya.

Kegiatan penyerahan penghargaan atau Good Mining Practices Award 2022 dilaksanakan atas dasar penilaian yang dilakukan oleh para tim penilai yang sangat kompeten dan profesional di bidangnya dan juga kegiatan penilaian dilakukan terhadap upaya yang telah dilaksanakan oleh perusahaan pertambangan dan perusahaan pemegang jasa dalam menerapkan kaidah teknis pertambangan yang baik dan dalam periode tahun lalu yaitu tahun 2021.

Penilaian tahun ini diikuti oleh perusahaan kontrak karya sejumlah 19 perusahaan, perjanjian karya pengusaha pertambangan batu bara (PKP2B) sejumlah 54 perusahaan, izin usaha pertambangan PMA sebanyak 52 perusahaan, izin usaha pertambangan PMDN sejumlah 1.443 perusahaan, izin usaha pertambangan BUMN sejumlah 18 perusahaan, izin usaha pertambangan khusus sebanyak 6 perusahaan, izin usaha pertambangan sejumlah 174 perusahaan.

Sunindyo mengatakan jika penghargaan ini bukan merupakan tujuan yang utama namun sejatinya pemberian penghargaan ini adalah untuk memotivasi sesuai peran dan tugas masing-masing perusahaan dalam terus menerapkan kaidah teknis pertambangan yang baik.

“Dan juga memberikan contoh yang baik kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat di lingkar pertambangan,” tuturnya.

Sementara itu, Deputy Director Operation HSE & Support Relations PT Berau Coal, Feri Indrayana menjelaskan kategori Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Batubara Terinovatif yang diraih dalam ajang penghargaan Soebroto Award ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk perusahaan, pihaknya juga sangat bersyukur dapat menjadi pemenang dalam penghargaan tersebut, karena untuk kategori PPM baru tahun ini dilaksanakan dan PT Berau Coal langsung mendapat penghargaan.

“Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan komitmen perusahaan dalam memajukan aspek-aspek kehidupan masyarakat, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosbudling, kesehatan hingga infrastruktur,” tutur Feri.

Disebutnya juga, penghargaan Soebroto Award itu merupakan wujud apresiasi dari pemerintah atas program yang telah dijalankan perusahaan, serta memberikan sentuhan inovasi untuk dapat mengoptimalkan kontribusi kepada masyarakat, khususnya daerah di Kabupaten Berau.

“Dengan prestasi ini, kami berupaya agar dapat konsisten menjalankan program-program yang berdampak dan berkelanjutan untuk masyarakat,” tuturnya.

Penghargaan Soebroto Awards 2022 diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana bersama Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin kepada Feri Indrayana, Deputy Director Operation HSE & Support Relations secara virtual.

Sedang Menteri ESDM Arifin Tasrif, menyampaikan apresiasi atas usaha dan inovasi yang telah dikembangkan oleh penerima Penghargaan Soebroto 2022 dalam memajukan sektor ESDM, baik di bidang Migas, Ketenagalistrikan, Mineral dan Batubara, EBTKE, Geologi maupun pengembangan Sumber Daya Manusia, serta peran Wartawan Energi.

“Acara ini menjadi momen spesial bagi kita semua sebagai agenda tahunan yang telah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, sekaligus merupakan rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi,” ujar Arifin.

Ia juga berharap bahwa dengan terselenggaranya Penghargaan Soebroto ini, seluruh stakeholder terus bisa bekerja kerjas bersama memberikan manfaat yang optimal kepada semua pihak terkait.

“Semoga dengan dilaksanakannya Penghargaan Soebroto 2022, seluruh stakeholder sektor ESDM tetap memantapkan niat, kontribusi, dan kerja keras bersama untuk mewujudkan sektor ESDM yang dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak,” sambungnya.(poh/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel