Follow kami di google berita

Percepatan Perbaikan Jembatan Sambaliung Terus Dilakukan

A-News.id, Tanjung Redeb — Pengerjaan Jembatan Sambaliung hingga saat ini terus berproses. Terpantau di lapangan, proses pun diupayakan percepatan dari pihak kontraktor agar arus lalu lintas kembali normal.

Saga, Ketua Komisi III DPRD Berau, memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh pihak kontraktor dalam mempercepat penyelesaian perbaikan Jembatan Sambaliung. Berdasarkan informasi yang diterima dari pelaksana proyek, per 15 Juni 2023, terlihat bahwa progres fisik pembangunan mencapai 9,65 persen sesuai rencana, sementara realisasi mencapai 13,15 persen dengan deviasi sebesar +3,50 persen.

“Kita apresiasi kinerja pihak pelaksana pengerjaan Jembatan Sambaliung itu agar arus lalu lintas kembali normal, apalagi jembatan tersebut merupakan penghubung satu-satunya Tanjung Redeb dengan Sambaliung,” ungkapnya, Rabu (21/6/2023).

Pada tanggal 18 Juni 2023, proses konstruksi mencapai tahap pembobokan lantai dengan bentang 1,60 meter, pemasangan stringer dengan bentang yang sama, serta pemasangan plat bondek dan besi tulangan dengan bentang 1,60 meter. Selain itu, juga dilakukan penggantian elastometer dengan panjang bentang 1 meter.

“Selebihnya informasi dari pihak kontraktor, pembobokan bentang 2,60 meter, pemancangan perkuatan pilar 2 serta pengecatan rangka jembatan masih dalan pengerjaan,” terangnya.

Dirinya membeberkan, pihak pelaksana menyebut jadwal pengecoran lantai bentang 1 sudah berlangsung sejak 20 Juni lalu.

“Progres pengerjaan ini sudah sangat baik, saya harap perbaikan Jembatan Sambaliung bisa lebih cepat selesai dengan hasil maksimal dan sesuai perencanaan,” katanya.

Upaya percepatan pihak kontraktor dilakukan pada metode kerja pembobokan dan erection strenger, semula pembobokan dikerjakan 1 bentang dilanjutkan erection stringer.

“Pihak pelaksana juga menyampaikan bahwa dalam percepatan dikerjakan pembobokan 3 segmen 15 meter sisi kiri, diikuti erection stringer,” ujarnya.

“Setelah itu, pembobokan dilanjutkan 3 segmen 15 meter satu sisi kanan dan diikuti erection stinger, begitu seterusnya,” tambahnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga berpesan kepada pihak kontraktor untuk melakukan pengerjaan sesuai dengan kondisi di lapangan serta tidak mengganggu para pekerja.

“Apalagi pihak kontraktor menambahkan jam kerja dan ada penambahan tenaga kerja yang disesuaikan dengan area kerja di jembatan. Ini saya kira merupakan suatu hal yang baik,” sebutnya.

Kendati begitu, Saga sepakat dengan pihak pelaksana bahwa setelah selesai pengecoran ke tiga bentang diupayakan usia beton ke 21 hari, Jembatan Sambaliung akan dibuka sementara khusus untuk kendaraan roda dua.

“Itu merupakan keputusan yang baik dari pihak pelaksana, pada intinya kita semua berharap pengerjaan Jembatan Sambaliung dapat selesai dengan cepat dan hasil pengerjaan dapat maksimal,” tandasnya. (adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel