Follow kami di google berita

Perbaikan Jalan Tanjung Selor – Tanjung Palas Timur Digelontorkan Dana Rp 400 Miliar

A-News.id, Tanjung Selor – Pemerintah Kabupaten menerima dana sebesar Rp 400 miliar dari Pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan ruas jalan dari Tanjung Selor menuju Kecamatan Tanjung Palas Timur. Perbaikan ini bertujuan untuk mengatasi keluhan masyarakat terkait kondisi jalan yang rusak dan sulit dilewati.

Bupati Bulungan, Syarwani, mengonfirmasi bahwa Pemerintah Kabupaten menerima dana sebesar Rp 400 miliar dari pemerintah pusat. “Dana ini akan digunakan untuk perbaikan ruas jalan rusak dari Kecamatan Tanjung Selor menuju Tanjung Palas Timur,” ujarnya baru-baru ini.

Syarwani juga menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menangani masalah jalan, salah satunya dengan menghubungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). “Alhamdulillah, tahun ini (2024) kita dapat menanganinya,” jelasnya.

Kemen-PUPR akan melakukan intervensi untuk memperbaiki ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur dengan anggaran sebesar Rp 400 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ruas jalan yang akan diperbaiki meliputi desa Binai, Mangkupadi, Pura Sajau, Sajau, Sajau Hilir, Tanah Kuning, Tanjung Agung, dan Wonomulyo.

Dengan adanya proyek perbaikan jalan ini, diharapkan semua desa dapat terhubung dengan maksimal untuk meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat. “Kami berharap konektivitas yang selama ini terganggu dapat teratasi dan masyarakat tidak kesulitan dalam beraktivitas,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Bulungan, Khairul, menambahkan bahwa pembangunan ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur akan didanai melalui APBN. “Kami tidak mengetahui secara teknis bagaimana pelaksanaan pembangunan jalan ini, karena proyek ini akan dilakukan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) yang lebih memahami teknisnya,” jelasnya.

Khairul juga menjelaskan bahwa BPJN kemungkinan akan melanjutkan pekerjaan pengaspalan di beberapa bagian ruas jalan yang belum beraspal. Namun, tidak semua ruas jalan dapat ditangani karena membutuhkan anggaran yang cukup besar. “Alokasi anggaran sebesar Rp 400 miliar melalui APBN belum mencakup semua ruas jalan, karena kebutuhan anggaran untuk penanganan ruas jalan Tanjung Selor-Tanjung Palas Timur melebihi anggaran tersebut,” tambahnya.

Pembangunan jalan ini memiliki efek positif dan signifikan terhadap perekonomian, infrastruktur, dan transportasi. Meskipun anggarannya besar, proyek perbaikan jalan ini merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat memainkan peran penting dalam mengawasi pelaksanaan jalan agar sesuai dengan standar konstruksi yang diharapkan. Ini akan memastikan kelancaran pelaksanaan proyek,” tegasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bulungan dan pemerintah pusat terus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas jalan dan memperbaiki infrastruktur transportasi di berbagai wilayah. “Kami akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat,” tutupnya. (Lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel