Peningkatan Kasus Kematian Covid-19 di Harapan Jaya Didominasi Lansia

ANews, Segah – Dalam kurun waktu satu minggu per Agustus 2021 satgas Kampung Harapan Jaya, Kecamatan Segah laporkan kasus kematian akibat covid-19 mengalami peningkatan yang siginifkan.

Kepala Kampung Harapan Jaya Ali Sasmirul menyebut, sudah ada empat orang warganya yang meninggal karena paparan covid-19.

“Dua laki-laki, dua perempuan, itu tersebar di RT 3 dan RT 5 dan semuanya didominasi oleh lanjut usia atau lansia,” ujarnya saat ditemui awak media, Rabu (18/8/2021).

“Itu yang jadi masalahnya karena lansia ini rentan sekali ditambah mereka punya penyakit penyerta (komorbid),” ungkap Ali.

Dengan kejadian itu, dirinya selaku ketua satgas Harapan Jaya ke depan berinisiatif untuk, memberikan penyuluhan kepada warga yang mempunyai anggota keluarga lanjut usia untuk semakin berhati-hati.

“Jadi mungkin hal-hal tersebut yang ke depannya nanti akan kita lakukan, tapi tidak menutup kemungkinan segala hal yang berkaitan dengan medis tetap bekerjasama dengan satgas di tingkat Kecamatan,” jelasnya.

“Dalam hal ini juga di tim PPKM RT upaya pelacakan juga kami kerahkan sekaligus penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga yang meninggal tersebut,” katanya.

“Pesan saya untuk anggota keluarga yang mempunyai lansia di rumahnya, selama pandemi covid-19 masih mewabah kalau cuaca ekstrem lebih baik dikontrol jangan keluar rumah, yang penting-penting aja baru silahkan ke luar rumah dan kalau keperluan apapun selalu lapor ke anggota keluarga atau tetangga jadi imun mereka (lansia) dapat selalu terjaga,” pungkasnya.

Menanggapi kejadian yang terjadi di kampung Harapan Jaya itu, Plt. Camat Segah Tri Anggoro mengatakan akan melakukan evaluasi terkait penanganan covid-19 di seluruh kampung se Kecamatan Segah.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami akan membuat jadwal lagi untuk inspeksi ke masing-masing kampung termasuk ke perusahaan-perusahaan agar kami mengetahui kendala yang ada di kampung itu sebetulnya seperti apa?, sekaligus mengedukasi ke masyarakat untuk tidak sungkan melapor jika ada keluhan penyakit yang mirip dengan covid-19, seperti sesak napas, batuk maupun pilek,” tandas Plt. Camat Segah Tri Anggoro.(mik)

Bagikan