Follow kami di google berita

Pemkab Berau Pastikan Stok Daging Aman Saat Ramadhan dan Idul Fitri

A-news.id, Tanjung Redeb – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau berupaya menjaga ketersediaan dan keseimbangan harga pangan daging sapi bagi masyarakat di daerah ini, terutama untuk memenuhi permintaan di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

“Kami senantiasa memantau stok dan harga daging sapi di pasar lokal setiap hari untuk memastikan stabilitas harga dan pengendalian inflasi. Ini penting, terutama dalam menghadapi momen hari-hari besar keagamaan menghadapi permintaan daging cenderung meningkat,” ujar  Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha dan Perdagangan, Hotlan Silalahi.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha dan Perdagangan, Hotlan Silalahi.
Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha dan Perdagangan, Hotlan Silalahi.

Hotlan mengemukakan bahwa pemantauan ini membantu pemerintah dalam memberikan informasi yang akurat untuk membuat sebuah kebijakan, seperti mengambil langkah antisipasi atau tindakan yang diperlukan.

“Dengan data yang kami kumpulkan, tentu dapat menggambarkan kondisi pasar sebenarnya,” katanya.

Perkembangan inflasi beberapa tahun terakhir, menjadi fokus utama dalam upaya ini. Pemantauan dan data yang akurat diharapkan dapat mendukung kebijakan yang efektif untuk menjaga keseimbangan ekonomi daerah.

Ia melanjutkan bahwa pasar daging di wilayah ini mengalami dinamika harga yang signifikan. Sejak awal tahun, telah terpantau pergerakan harga daging yang menunjukkan tren kenaikan.

Menurut pantauan, di beberapa daerah tertentu, harga daging sapi telah mencapai Rp160.000 per kilogram, melebihi harga acuan yang ditetapkan sebesar Rp140.000/kg.

Pemerintah daerah tidak tinggal diam menghadapi situasi ini. Sejak beberapa waktulalu, telah dilakukan serangkaian rapat untuk mengatasi dan mengantisipasi lonjakan harga. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan memastikan stok daging selalu aman dan terus dilakukan pemotongan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Gunung Tabur.

“Hasil pertemuan di Ass 2 dan intansi terkait, pertanian peternakan, dan RPH, pihaknya akan selalu melakukan pemotongan sapi dan dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat yang dijual di pasar,” bebernya.

Selain itu, untuk menjaga stabilitas harga, Bulog juga menjual daging beku dengan harga yang sangat terjangkau. Walau harga yang sangat terjangkau, dipastikan daging tersebut aman dikonsumsi dan telah dilakukan uji kesehatan.

“Untuk lebih lengkap data dan info stok daging yang diproduksi bisa ke dinas peternakan, tetapi secara umum pasokan daging dipastikan aman,” tandasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel