Follow kami di google berita

Pemkab Berau Anggarkan Rp6,1 M untuk Relokasi Puskesmas Kampung Bugis

A-News.id, Tanjung Redeb –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menganggarkan dana sebesar Rp6,1 miliar untuk  merelokasi Puskesmas Kampung Bugis. Pusat kesehatan  masyarakat tersebut direncanakan akan dipindahkan ke kantor eks Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Berau.

Terpantau pada laman https://spse.beraukab.go.id, proses lelang relokasi Puskesmas Kampung Bugis telah berlangsung, nilai Harga Perkiraan Sementara (HPS) paket tersebut senilai Rp. 6.112.963.122,61. Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Totoh Hermanto mengatakan, relokasi Puskesmas Kampung Bugis merupakan salah satu upaya dari Pemkab Berau untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di daerah tersebut. Dengan memindahkan pusat kesehatan ini ke kantor eks Disdukcapil Berau, diharapkan pelayanan kesehatan dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Dana sebesar Rp6,1 miliar telah dialokasikan untuk memfasilitasi relokasi Puskesmas Kampung Bugis. Kami berharap dengan perpindahan ini, pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih luas dapat diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Puskesmas Kampung Bugis saat ini berlokasi di Jalan H. Isa I, Tanjung Redeb, gedung tersebut usai direlokasi akan dijadikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), kemudian Gedung eks Labkesda akan digabungkan dengan Puskesmas Tanjung Redeb.

“Hal ini bertujuan untuk memperluas bangunan gedung Puskesmas Tanjung Redeb. Karena puskesmas Tanjung Redeb sudah ramai seiring bertambahnya penduduk. Dengan begitu perlu adanya perluasan bangunan,” jelasnya.

Dalam rencana relokasi ini, kantor eks Disdukcapil Berau akan dibongkar habis dan disesuaikan dengan kebutuhan Puskesmas, kebutuhan ini termasuk penambahan ruang pemeriksaan, ruang tunggu, dan area parkir yang lebih luas.

Pemerintah Kabupaten Berau juga berharap dengan relokasi ini, dapat memberikan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya dan peningkatan pengawasan terhadap pelayanan kesehatan. Langkah ini sejalan dengan visi Pemkab Berau untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Proses relokasi Puskesmas Kampung Bugis diperkirakan akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang. Pihaknya akan berkordinasi dengan KONI Berau yang sempat memanfaatkan gedung eks Capil tersebut sebagai sekretariat Porprov Kaltim.

“Usai lelang kita akan berkordinasi dengan KONI, karena gedung itu sempat digunakan sebagai sekretariat Porprov, setelah itu gedung akan di bongkar dan dibangun baru sesuai perencanaan,” tuturnya.

Dengan adanya anggaran sebesar Rp6,1 miliar yang telah disiapkan, Pemkab Berau berharap relokasi Puskesmas Kampung Bugis dapat menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah tersebut. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel