Follow kami di google berita

Pastikan Kelancaran Arus Mudik Lebaran, Dishub Lakukan Ramp Check di Kapal Dermaga

(Foto: Kadishub Kota Samarinda, Hotmaruli Tua Manalu/Ist)
(Foto: Kadishub Kota Samarinda, Hotmaruli Tua Manalu/Ist)

A-news.id, Samarinda – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Samarinda melakukan ramp check kapal di kawasan Dermaga Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Kamis (21/3/2024).

Pengecekan yang didamping langsung Direktorat Jendral Perhubungan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) dilakukan guna memastikan kapal-kapal angkutan barang yang akan beroperasi jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Walaupun masih jauh waktunya tapi ini adalah langkah awal dalam kelancaran arus mudik,” Ungkap Kepala Dishub Kota Samarinda, Hotmaruli Tua Manalu.

(Foto:Salah satu kapal yang berada di Dermaga Sungai Kunjang/Ist)
(Foto:Salah satu kapal yang berada di Dermaga Sungai Kunjang/Ist)

Lebih lanjut, Manalu menjelaskan ramp check meliputi pemeriksaan kelengkapan kapal, seperti jacket keselamatan, mesin, serta dokumen pelayaran.

Pasalnya, di tahun lalu Dishub kota Samarinda masih menemukan adanya beberapa jacket keselamatan dalam keadaan rusak.

“Jumlah jaket keselamatan harus dilebihkan minimal 125 persen dari kapasitas. Ini untuk mengantisipasi situasi darurat,” Jelas Manalu.

Manalu juga akan melakukan pantauan ketat terkait kapasitas penumpang yang harus disesuaikan dengan titik GM (ukuran stabilitas awal kapal).

“Karena kalau kelebihan muatan akan membuat stabilitas kapal terganggu, karena ada standar muatan, titik GM,” Pungkasnya. (*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel