Follow kami di google berita

ARUS PENUMPANG SPEED BOAT TANJUNG REDEB – MARATUA TURUN DRASTIS

ANEWS, Berau – Penumpang, yang umumnya mereka yang melakukan perjalanan wisata, yang menggunakan jasa angkutan speed boat di masa pandemi ini, kebanyakan warga lokal Kabupaten Berau, namun ada juga beberapa diantaranya yang berasal dari luar Berau, seperti Samarinda, Balikpapan, Bulungan dan dari wilayah Kaltim-Kaltara lainnya. Dan frekuensi kapal speed boat yang beroperasi juga saat ini jauh menurun, kata Syamsuddin, Kepala Dermaga Sanggam Tanjung Redeb, Kamis. 4/3/2021.

Terlebih-lebih pada saat musim angin utara saat ini, dimana gelombang laut cukup besar sehingga jumlah speed boat yang biasanya sekitar 3-4 unit setiap hari, baik yang berangkat dari Tanjung Redeb, maupun yang datang dari Maratua, kini rata-rata hanya 1 speed boat saja setiap harinya.

Rata-rata tujuan penumpang dari Dermaga Sanggam Tanjung Redeb adalah Pulau Maratua.

Syamsuddin, Kepala Dermaga Sanggam Tanjung Redeb

“Sementara ini arus penumpang itu, kalau untuk yang umum, karena awal-awal tahun ini kan biasanya kegiatan belum jalan, jadi masih terbataslah, sunyi begitu,” katanya.

Menurut Syamsuddin, koperasi yang menaungi speed boat ini memiliki sekitar 28 unit speed boat.  Jadi sementara karena kondisi seperti ini, yang jalan hanya 1 unit speed boat dari Tanjung Redeb dan 1 speed boat dari Maratua yang beroperasi setiap hari, seperti itu pengaturannya dan bergilir.

Adapun tarif regular yang dipatok untuk rute Tanjung Redeb – Maratua sebesar Rp. 250 ribu per orang per 1 trip. Sedangkan rute Tanjung Redeb – Pulau Derawan Rp. 200 ribu per orang per trip.

Sementara untuk menggunakan charter, tarifnya berdasarkan kesepakatan antara pihak speed boat (motoris) dengan pencharter.

Umumnya di masa pandemi ini, setiap 1 speed boat jumlah penumpangnya dibatasi hanya 16 orang saja.

Bagi penumpang yang berasal dari luar Kabupaten Berau yang akan bepergian ke Pulau Maratua menggunakan speed boat dari Dermaga Wisata Sanggam Tanjung Redeb wajib menunjukan surat hasil test PCR antigen/swab – non reaktif (negative) karena bila tidak, maka setibanya di pos pemeriksaan satu pintu di Maratua, penumpang tersebut akan ditolak dan langsung dipulangkan ke pelabuhan keberangkatan. (nov/jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel