Follow kami di google berita

Pasokan Tercukupi, Bupati Ingatkan Agen dan Pangkalan Tidak Lakukan Penimbunan Elpiji Melon

A-News.id, Tanjung Redeb – Kesulitan mendapatkan Elpiji 3 kilogram atau gas melon sempat dirasakan masyarakat Berau beberapa hari terakhir. Kondisi ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Berau.

Pemkab pun melakukan koordinasi dengan instansi terkait maupun jajaran PT Pertamina. Bahkan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, langsung menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan monitoring dan evaluasi ke setiap agen dan pangkalan. Hal ini untuk memastikan pasokan Elpiji aman di pasaran.

Selain itu, bupati juga telah bersurat kepada PT Pertamina Regional Kalimantan untuk melaksanakan penyaluran fakultatif Elpiji 3 kilogram pada hari libur, guna mengantisipasi kelangkaan.

“Saya sudah meminta Bagian Perekonomian bersama OPD dan instansi terkait untuk monitoring. Kami juga sudah bersurat ke Pertamina untuk mengantisipasi kelangkaan,” tegas Sri Juniarsih, Kamis (3/8/2023)

Berdasarkan laporan yang disampikan Pertamina, beberapa waktu terakhir ada keterlambatan pengiriman Elpiji ke SPBE Maluang di Kabupaten Berau. Hal ini terjadi karena kendala cuaca dan gelombang laut.

Namun saat ini kapal pengangkut Elpiji telah tiba dan langsung didistribusikan kepada agen dan pangkalan. Selain itu, tahun ini kuota Elpiji untuk Kabupaten Berau mengalami penambahan sebanyak 411 tabung dari yang sebelumnya 2 juta tabung.

“Saya sudah mendapat laporan bahwa pasokan untuk Elpiji untuk Berau aman. Yang baru datang ke SPBE sebanyak 400 ton. Per hari ini disalurkan sekitar 14 ribu tabung,” ungkapnya.

Untuk itu bupati perempuan pertama di Bumi Batiwakkal ini meminta masyarakat, khususnya para agen dan pangkalan untuk tidak melakukan penimbunan. Ia juga meminta masyarakat membeli Elpiji 3 kilogram sesuai yang dipersyaratkan dan membeli sesuai dengan kebutuhan.

“Saya mengingatkan jangan sampai ada yang mengambil manfaat dari kelangkaan yang sempat terjadi. Karena sudah dipastikan pasokan tercukupi,” tandasnya. (Prokopim/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel